Saturday , November 18 2017
Home / The Lounge / Sisi Gelap Internet / Catatan Hitam Perusahaan Apple

Catatan Hitam Perusahaan Apple

Catatan Hitam Perusahaan Apple

lebakcyber.net – Catatan Hitam Perusahaan Apple. Perusahaan Apple merupakan salah satu perusahaan raksasa teknologi yang saat ini nilainya sangat besar, hal tersebut terbukti dengan suksesnya setiap produk yang dirilis ke pasaran. Mulai dari iPhone, iMac, MacBook, sampai iPod pasti selalu mendapat sambutan yang positif dari para penggemarnya atau yang biasa disebut juga dengan Apple Fanboy.

Ada banyak cerita yang menyertai kisah sukses Apple. Namun tahukah kamu dibalik kesuksesannya tersebut, ternyata Apple memiliki beberapa catatan buruk yang mungkin belum kalian ketahui, dan berikut ini adalah Catatan Hitam Perusahaan Apple.

Perlakuan Tidak Layak Pada Buruh

Catatan Hitam Perusahaan Apple
foto : foxconn.com

Beberapa gadget Apple yang dirakit oleh perusahaan Foxconn yang berada di negara Cina. Sudah banyak berita yang melaporkan bahwa karyawan pabrik Foxconn mendapatkan perlakuan yang tidak semestinya, seperti misalnya gaji yang rendah dan kondisi lingkungan kerja yang tidak layak.

Namun dengan tuntutan kerja yang sangat tinggi beberapa karyawan Foxconn dilaporkan sampai bunuh diri karena tidak kuat dengan perlakuan pabrik, pihak Apple pun dituduh tidak memperhatikan kondisi para buruh yang bekerja pada perusahaannya.

Walaupun Foxconn juga merakit gadget untuk vendor lain, namun Apple merupakan klien terbesar perusahaan tersebut. Dengan harga gadget yang sangat mahal, seharusnya pihak Apple bisa lebih memberikan kesejahteraan bagi para buruh.

Mundurnya Ronald Wayne

Catatan Hitam Perusahaan Apple
foto : all-funy.info

Salah satu pendiri Apple, Ronald Wayne menjual saham Apple yang dimilikinya sebanyak 10 persen dengan harga $800 disusul setahun kemudian Ronald Wayne juga menjual saham yang dimilikinya seharga $1.500. Dan jika dia tidak menjual sahamnya pada saat awal Apple berdiri, nilainya akan mencapai $35 Triliun.

Namun Ronald Wayne tidak menyesali hal tersebut. Pada suatu waktu Ronald pernah diwawancara oleh salah satu media, dia mengatakan bahwa alasan dia keluar dari Apple karena dia melihat perusahaan itu bukanlah tempat yang cocok untuknya mengembangkan diri di sisa hidupnya.

Menurut pengakuannya, Steve Jobs dan Steve Wozniak mempunyai proyek untuk diri mereka sendiri, mereka ingin merubah dunia dengan cara mereka dan Ronald ingin mengubah dunia dengan caranya sendiri.

Apple Bekerjasama Dengan NSA

Catatan Hitam Perusahaan Apple
foto : danielfishman.com

Edward Snowden mantan seorang pegawai CIA membocorkan sebuah rahasia bahwa beberapa perusahaan teknologi besar memberikan data pada National Security Agency (NSA) yang merupakan lembaga keamanan Amerika Serikat. Apple merupakan salah satu perusahaan yang dituduh terlibat dalam masalah tersebut.

Walaupun pihak Apple membatah kabar tersebut, namun diduga kuat mereka memang salah satu pelakunya. Snowden mengatakan NSA memiliki akses langsung kepada perusahaan Apple tersebut, mereka dituding mengumpulkan data tersebut dengan alasan keamanan nasional.

Akibatnya NSA mendapat kecaman dari berbagai negara, karena Amerika Serikat dipandang arogan menyadap pengguna internet tanpa ijin terlebih dahulu.

Masalah Hukum Dengan Banyak Pihak

Catatan Hitam Perusahaan Apple
foto : digitaltrends.com

Perusahaan Apple seringkali melancarkan hukum ke banyak pihak walaupun dengan kasus yang dinilai sangat remeh, hal ini bisa dicontohkan dengan perang hak paten antara Apple dengan Samsung yang dinilai selalu meniru desain dari iPhone.

Bukan hanya masalah desain, Apple juga melanggar Samsung karena telah melanggar hak paten beberapa fitur Smartphone yang dimiliki Apple, seperti sistem pencarian Universal, sementara itu pihak Samsung membantah telah melanggar hak paten tersebut.

Kerjasama Dengan Musuh

Catatan Hitam Perusahaan Apple
foto : thinkapple.sk

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya bahwa pihak Apple selalu bersinggungan dengan pihak Samsung dalam banyak hal, dan tidak jarang kedua perusahaan tersebut membawa masalahnya sampai ke meja pengadilan dan pihak yang kalah didenda jutaan dollar. Namun tahukah kamu bahwa Apple dan Samsung juga saling bekerja sama.

Pihak Samsung sendiri selama ini bekerja dan membuat chip prosesor setiap unit iPhone, kasus seperti ini memang dirasa sangat aneh karena dalam beberapa hal kedua perusahaan ini saling gugat terkait hak paten dan penggunaan teknologi namun disisi lain mereka saling bekerja sama.

Menghindari Pajak Miliaran Dollar

Catatan Hitam Perusahaan Apple
foto : globalresearch.ca

Perusahaan Apple memiliki banyak proses untuk menghindari pajak yang jumlahnya mencapai miliaran yang seharusnya mereka bayarkan kepada pemerintah Amerika Serikat seperti penjelasan dari lembaga investigasi Amerika Serikat yang mengatakan bahwa perusahaan Apple selalu memanfaatkan beberapa celah agar terhindar dari pembayaran pajak.

Banyak sekali kantor cabang yang dibuat oleh Apple yang berlokasi di banyak negara walaupun mereka memiliki kantor pusat di California Amerika Serikat. Dengan adanya hal itu ternyata itu adalah trik dari Apple agar dapat terhindar dari pajak yang besar dan bisa meraup keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan teknologi tersebut.

Itulah beberapa catatan hitam perusahaan Apple Computer. Dibalik kesuksesannya, perusahaan teknologi tersebut memiliki catatan hitam yang sangat memalukan dan bisa mencoreng citra perusahaan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *