Sunday , November 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Cara YoutuBe Mencegah Pedofil

Cara YoutuBe Mencegah Pedofil

foto : digital trends

Cara YoutuBe Mencegah Pedofil

lebakcyber.net – Cara Youtube mencegah pedofil salah satunya adalah dengan menutup atau men-disable kolom komentar pada video yang menampilkan anak berusia dibawah 13 tahun. Tujuannya agar mencegah para pedofil untuk menuliskan komentar yang tidak senonoh.

Susan Wojcicki selaku CEO Youtube mengatakan bahwa tidak ada yang lebih penting bagi mereka selain memastikan keamanan pada anak-anak yang ada di platform yang mereka buat tersebut.

Inisiasi tersebut muncul setelah vido fenomenal yang diupload di channel Youtube “MattWhatltls” pada tanggal 17 Februari 2019 lalu. Video yang berdurasi 20 menit tersebut menampilkan bagaimana aksi pedofil mengancam keamanan anak-anak.

Advertisements

Biasanya, seorang pedofil akan berkomentar vulgar lalu memancing pedofil lainnya untuk melakukan hal yang sama. Alhasil, video anak-anak menjadi ladang para pedofil mengekspresikan hasrat mereka.

Padahal video anak-anak di Youtube sama sekali tidak mengarah ke pornografi. Kebanyakan hanya memperlihatkan anak kecil sedang bermain atau berolahraga.

Video yang diupload oleh MattsWhatltls tentu saja langsung menjadi perbincangan hangat para netizen, sehingga sampai ke telinga para pemasang iklan. Beberapa merek kawakan seperti Nestle, Epic Games, GNC, Walt Disnesy dan sebagainya mencabut iklan mereka dari Youtube.

Hal tersebut tentu saja berbahaya bagi kelangsungan bisnis Youtube. Anak perusahaan Google tersebut segera mengumpulkan kembali kepercayaan masyarakan dan juga para pemasang iklan.

Youtube mengklaim kalau saat ini sudah menonaktifkan komentar di jutaan video yang menampilkan anak berusia 13 tahun kebawah. Dalam beberapa bulan ke depan, Youtube menargetkan hampir semua video anak-anak sama sekali tidak dapat dikomentari.

Advertisements

Walaupun begitu, masih ada beberapa pengecualian. Menurut Youtube, ada sebagian kecil video anak-anak yang terindikasi tidak beresiko mendatangkan para pelaku pedofil.

Misalnya video anak-anak yang sedang mengulas mainan (toy reviews). Youtube tidak akan menonaktifkan kolom komentarnya, namun akan dimoderasi secara aktif, seperti yang dikutip pada halaman New York Times.

Youtube mengatakan kalau akan menggunakan sistem machine learning (ML) baru untuk mengidentifikasi dan menghapus komentar-komentar dari para predator anak. Jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Youtube.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Aturan Baru Dari YouTube

Aturan Baru Dari YouTube

Aturan Baru Dari YouTube lebakcyber.net – YouTube baru saja memperbarui aturan dari YouTube yang akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *