Wednesday , September 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Cara WhatsApp Deteksi Akun Mencurigakan

Cara WhatsApp Deteksi Akun Mencurigakan

foto : Times Now

Cara WhatsApp Deteksi Akun Mencurigakan

lebakcyber.net – Baru-baru ini WhatsApp mengungkapkan mereka sudah mencekal sekitar 2 juta akun yang mencurigakan setiap bulannya. Lalu bagaimana cara WhatsApp deteksi akun mencurigakan tersebut?

Dikutip dari halaman Venture Beat, ternyata WhatsApp memiliki sebuah sistem machine learning yang dapat mendeteksi dan mencekal penggunanya yang melakukan tindakan mencurigakan, seperti misalnya mengirimkan pesan blast beberapa saat setelah mendaftarkan diri atau membuat banyak akun yang memiliki tujuan untuk menyebarkan konten yang tidak benar.

Pengguna atau akun palsu yang dianggap melakukan kekacauan dapat diblokir langsung pada saat proses registrasi dilakukan, saat mengirim pesan atau saat akun tersebut dilaporkan oleh pengguna WhatsApp lainnya.

Machine learning yang dimiliki aplikasi berbagi pesan WhatsApp sendiri sudah sangat canggih, sehingga berdasarkan pola yang dipelajari dari masa lalu, dapat langsung memblokir sekitar 20% akun yang mencurigakan pada saat proses pendaftaran.

Matt Jones selaku Software Engineer WhatsApp mengatakan bahwa mereka juga mengamati beberapa faktor sebelum mencekal suatu akun. Misalnya alamat IP yang digunakan, asal negara berdasarkan nomor telfon yang digunakan, usia akun yang bersangkutan dan juga apakah akun tersebut langsung mengirim banyak pesan sekaligus walaupun masih baru mendaftar.

Carl Wogg selaku juru bicara WhatsApp menyatakan bahwa 75% dari 2 juta akun yang di blokir oleh WhatsApp setiap bulannya dilakukan secara otomatis oleh sistem. Jadi tidak ada tenaga kerja manusia atau laporan dari pengguna lain.

Seperti halnya platform komunikasi lain, kadang user mencoba melakukan eksploitasi layanan WhatsApp. Beberapa ada yang ingin mengirim link clickbait yang didesain untuk meraup informasi personal dan bahkan yang ingin mempromosikan sebauh ide.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Fitur Baru WhatsApp Yang Mengkhawatirkan

Fitur Baru WhatsApp Yang Mengkhawatirkan

Fitur Baru WhatsApp Yang Mengkhawatirkan lebakcyber.net – Fitur baru WhatsApp yang mengkhawatirkan. Sekarang ini WhatsApp …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *