Friday , October 22 2021
Home » Linux » Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04

Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04

foto : linuxbabe

Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04

lebakcyber.net – Cara upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai bagaimana cara untuk melakukan upgrade OS dari sistem operasi Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04.

Ubuntu 21.04 sendiri menawarkan kernel Linux terbaru dan menggunakan Wayland sebagai display defaultnya, selain itu beberapa fitur tweak dan juga performa ikut mendapatkan peningkatan.

Kalau sekarang ini teman-teman sedang menggunakan sistem operasi Ubuntu 20.10 Groovy Gorilla, sekarang teman-teman bisa melakukan upgrade ke Ubuntu 21.04 secara langsung tanpa harus melakukan proses install ulang.

Advertisements

Cara Upgrade Menjadi Ubuntu 21.04

Yang pertama harus teman-teman lakukan adalah mengupdate semua paket yang terinstall pada sistem operasi Ubuntu 20.10 yang teman-teman gunakan dengan cara membuka terminal lalu masukan perintah dibawah ini :

sudo apt update && sudo apt dist-upgrade

Setelah semua proses update selesai, selanjutnya kita mulai masuk ke tahap upgrade dari Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04.

Advertisements

Silahkan buka kembali terminal teman-teman lalu masukan perintah dibawah ini :

update-manager -c

Nanti akan tampil window dialog seperti gambar dibawah ini :

Cara Upgrade Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04

Kalau teman-teman ingin mempelajari sedikit mengenai release Ubuntu 21.04 tersebut silahkan klik tombol Upgrade… dan nantinya akan tampil catatan rilis untuk Ubuntu 21.04 seperti pada gambar dibawah ini :

"<yoastmark

Sekiranya teman-teman telah mempelajari release note pada ubuntu 21.04 tersebut, silahkan klik tombol upgrade untuk melanjutkan ke proses upgrade dari Ubuntu 20.10 ke Ubuntu 21.04.

Selanjutnya proses upgrade akan mulai dilakukan dan juga proses akan mulai menambahkan paket-paket yang dibutuhkan selama proses upgrade berlangsung serta akan dipilah mana yang membutuhkan update dan mana paket yang mungkin harus dihapus dari sistem.

jangan mematikan komputer atau laptop teman-teman selama proses upgrade tersebut berlangsung. Karena selama proses upgrade berlangsung beberapa MB paket yang dibutuhkan akan didownload, di unpacked lalu diinstall untuk menyelesaikan proses upgrade tersebut.

Setelah semuanya selesai, teman-teman akan diminta untuk melakukan proses restart pada komputer atau laptop teman-teman. Setelah proses restart tersebut selesai, system serta versi Linux Ubuntu yang teman-teman gunakan akan menjadi Ubuntu 21.04.

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara untuk melakukan proses upgrade dari Ubuntu 20.10 menjadi 21.04. Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan informasi dan juga tips dan trik mengenai dunia komputer lainnya.

Jadi sampai jumpa pada tutorial mengenai Linux dan juga sistem operasi Linux Ubuntu lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Install Spotify di Ubuntu

Cara Install Spotify di Ubuntu

Cara Install Spotify di Ubuntu lebakcyber.net – Cara install Spotify di Ubuntu. Spotify merupakan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *