Wednesday , August 5 2020
Home » The Lounge » News » Cara TikTok Lawan Misinformasi Virus Corona

Cara TikTok Lawan Misinformasi Virus Corona

foto : TikTok

Cara TikTok Lawan Misinformasi Virus Corona

lebakcyber.net – Cara TikTok lawan misinformasi virus corona. Misinformasi seputar Covid-19 yang banyak ditemukan di berbagai platform online termasuk salah satunya didalam aplikasi TikTok. Aplikasi yang dibuat oleh Bytedance tersebut juga ternyata memiliki cara sendiri agar bisa memerangi misinformasi yang memiliki potensi menyesatkan publik.

Donny Eryastha selaku Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia and The Philippines mengatakan bahwa TikTok memiliki tiga buah pilar utama agar dapat mengatasi minsinformasi dan juga konten negatif lainnya.

Pilar yang pertama adalah panduan komunitas yang akan menjadi tolak ukur mana konten yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk diupload di aplikasi TikTok.

Advertisements

Donny dalam sebuah konferensi pers secara virtual, Senin (18/05/2020) mengatakan bahwa konten yang vulgar dan misinformasi menjadi konten yang menyampaikan kabar yang dapat menyesatkan, apalagi yang berhubungan dengan virus corona.

Konten-konten yang ada di TikTok sendiri juga diawasi oleh sebuah machine learning dan juga tim moderator manusia. Untuk sebuah konten yang dibuat di Indonesia diulas langsung oleh moderator dari Indonesia yang mengerti norma dan juga bahasa tanah air.

Advertisements

Kalau terbukti sudah melanggar panduan komunitas, konten yang diupload di TikTok tersebut dapat langsung di takedown atau dihapus oleh pihak TikTok.

Selain melakukan pencegahan konten yang sudah ada didalam aplikasi TikTok, pihak TikTok juga terus mengadakan edukasi bagi para penggunanya dan juga anak muda melalui beberapa program yang salah satunya adalah #SamaSamaNyaman.

Donny menambahkan bahwa mereka selalu berusaha untuk memberikan edukasi kepada para pengguna mereka agar mereka bisa lebih mengerti mengenai konten apa saja yang boleh dan tidak boleh di upload ke aplikasi TikTok dan juga bagaimana cara membuat sebuah konten yang positif.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *