Monday , April 12 2021
Home » Linux » Cara Reboot dan Shutdown Menggunakan Terminal Linux

Cara Reboot dan Shutdown Menggunakan Terminal Linux

Cara Reboot dan Shutdown menggunakan terminal Linux

lebakcyber.net – Cara Reboot dan Shutdown Menggunakan Terminal Linux. Oke di tutorial selanjutnya mengenai perintah dasar terminal Linux ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk melakukan proses Reboot atau restart serta memberikan perintah Shutdown atau mematikan komputer dengan menggunakan terminal atau konsol pada Linux.

Disini saya mengguakan sistem operasi linux Ubuntu 20.10 namun teman-teman juga masih bisa menggunakan perintah ini untuk Linux Mint ataupun Linux turunan dari Debian lainnya.

Perintah Reboot atau Restart di Terminal Linux

Advertisements

Untuk melakukan Restart atau Reboot dengan menggunakan terminal atau konsol pada sistem operasi linux, silahkan buka terminal lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

sudo reboot

Nanti secara otomatis sistem operasi Linux Ubuntu akan melakukan proses restart.

Advertisements

Perintah Shutdown atau Poweroff di Terminal Linux

Untuk melakukan shutdown atau mematikan komputer pada sistem operasi linux Ubuntu ataupun Linux Mint, teman-teman bisa memasukan perintah seperti dibawah ini :

sudo poweroff

Maka nanti secara otomatis sistem operasi Linux akan mematikan komputer yang sedang berjalan.

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara untuk melakukan restart ataupun mematikan komputer dengan menggunakan terminal pada sistem operasi Linux khususnya di sistem operasi Linux Ubuntu yang saya gunakan ataupun Linux Mint dan juga sistem operasi Linux turunan debian lainnya.

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tutorial belajar perintah dasar linux lainnya di situs lebakcyber.net ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *