Sunday , May 26 2024
Cara Merubah Ukuran Hard Disk di VirtualBox

Cara Merubah Ukuran Hard Disk di VirtualBox

Cara Merubah Ukuran Hard Disk di VirtualBox

lebakcyber.net – Cara Merubah Ukuran Hard Disk di VirtualBox. Pada saat membuat sebuah virtual hard disk pada virtualbox, kita harus menentukan dulu berapa kapasitas hard disk virtual yang ingin digunakan.

Seandainya kita ingin merubah kapasitas dari hard disk virtual karenda dirasa kurang, berikut ini adalah langkah-langkahnya untuk merubahak ukuran hard disk pada virtual box.

Ada dua cara untuk merubah kapasitas dari hard disk virtual pada VirtualBox, yaitu:

  • Menggunakan Virtual Media Manager
  • Menggunakan Perintah di Comand Line

Menggunakan Virtual Media Manager

Kita bisa merubah kapasitas hard disk yang biasanya berkestensi .dvi dengan menggunakan fitur Virtual Media Manager yang ada di virtualbox dengan cara menekan tombol CTRL + D.

Setelah jendela Virtual Media Manager terbuka, pilih hard disk virtual yang ada pada daftar dan gunakan slider “Size” yang berada dibawah jendela Virtual Media Manager untuk merubah ukuran kapasitasnya. Selanjutnya tekan tombol “Apply” yang berada di kanan bawah seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Merubah Ukuran Hard Disk di VirtualBox

Menggunakan Perintah di Command Line

Kita juga bisa merubah kapasitas dari hard disk virtual yang digunakan pada VirtualBox dengan menggunakan Command Line. Caranya silahkan buka cmd (Command Line) lalu masukan perintah berikut ini :

cd "C:\Program Files\Oracle\VirtualBox"

Selanjutnya masukan perintah berikut untuk merubah kapasitas dari hard disk yang digunakan pada VirtualBox.

Misalnya lokasi hard disk virtualnya berada di folder D:\Virtual\windows 10\window dan kapasitasnya ingin kita ubah menjadi 50GB, selanjutnya masukan perintah dibawah ini :

VBoxManage modifyhd "D:\Virtual\window\Windows 7.vdi" --resize 50920

Silahkan teman-teman sesuaikan perintah diatas sesuai dengan lokasi folder dimana hard disk virtual yang ingin diubah kapasitasnya tersimpan dan masukan ukuran kapasitasnya dalam satuan MegaByte (MB), pada contoh diatas adalah 50GB.

Jika teman-teman menggunakan aplikasi VirtualBox versi lama yang dirilis pada  tahun 2019 lalu, silahkan teman-teman ganti perintah diatas menjadi seperti dibawah ini :

VBoxManage modifmedium disk "D:\Virtual\window\Windows 7.vdi" --resize 50920

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara untuk merubah kapasitas dari hard disk virtual yang kita gunakan pada aplikasi VirtualBox, semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *