Wednesday , September 22 2021
Home » Linux » Cara Mengosongkan Ruang di Ubuntu

Cara Mengosongkan Ruang di Ubuntu

foto : Programmer Sought

Cara Mengosongkan Ruang di Ubuntu

lebakcyber.net – Cara mengosongkan ruang di Ubuntu. Oke jadi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengosongkan ruang pada sistem operasi Linux Ubuntu agar space pada harddisk yang kita gunakan menjadi lebih longgar.

Tidak seperti sistem operasi Windows yang memiliki fitur defrag dan juga disk clean up, sistem operasi Linux Ubuntu tidak memiliki fitur tersebut agar teman-teman bisa mengosongkan ruang harddisk.

Tapi tenang aja, karena di postingan ini akan kita bahas beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengosongkan ruang pada sistem operasi Linux Ubuntu. Jadi langsung saja simak beberapa caranya tersebut ya.

Advertisements

Bersihkan Cache Apt

Secara default, sistem operasi Ubuntu menyimpan setiap update yang teman-teman download dan install untuk sementara waktu.

Hal tersebut berguna kalau teman-teman sering menambahkan atau menghapus aplikasi di Ubuntu kalau-kalau teman-teman ternyata masih membutuhkan dan ingin menginstall kembali paket atau aplikasi tersebut.

Advertisements

Tapi pastinya file yang tersimpan tersimpan tersebut memakan ruang pada media penyimpanan yang teman-teman gunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan teman-teman buka terminal lalu masukan perintah dibawah ini untuk melihat berapa banyak cache apt yang tersimpan :

du -sh /var/cache/apt/archives

Dan untuk menghapus cache apt tersebut, teman-teman hanya tinggal memasukan perintah seperti dibawah ini :

sudo apt-get clean

Perintah tersebut akan menghapus semua paket yang tersimpan di cache apt dan memberikan ruang kosong pada media penyimpanan teman-teman.

Hapus Kernel Lama Yang Tidak Lagi Dibutuhkan

Sebelum melakukan penghapusan kernel lama, teman-teman harus melakukannya dengan hati-hati. Pada sistem operasi Ubuntu caranya sangat mudah untuk menghapus kernel lama yang sudah tidak lagi digunakan. Teman-teman bisa menghapus kernel lama tersebut dengan memasukan perintah seperti dibawah ini :

sudo apt-get autoremove --purge

Perintah tersebut hanya akan menghapus kernel yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan juga yang diinstall dari Ubuntu archive melalui update sistem.

Hapus Game dan Aplikasi Yang Tidak Pernah Digunakan

Misalnya teman-teman memiliki banyak aplikasi ataupun game yang sebenarnya teman-teman sering tidak gunakan, jadi kalau teman-teman jarang atau tidak pernah menggunakan aplikasi atau game tersebut, tidak ada salahnya untuk uninstall saja aplikasi-aplikasi dan juga game tersebut.

Untuk menghapus atau menguninstall aplikasi atau game yang sudah tidak dibutuhkan lagi, di terminal silahkan masukan perintah seperti dibawah ini :

sudo apt-get remove nama-paket1 nama-paket2

Pada perintah diatas, nama-paket merupakan nama dari aplikasi atau game yang teman-teman ingin hapus. Untuk menghapus kelebihan paket dan juga dependencies yang sudah tidak lagi dibutuhkan karena teman-teman sudah menguninstall aplikasi atau game tersebut, silahkan ketikan perintah dibawah ini di terminal Ubuntu teman-teman :

apt-get autoremove

Jadi seperti itulah beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mengosongkan ruang pada media penyimpanan yang teman-teman miliki pada sistem operasi Linux Ubuntu, jadi intinya bersihkan cache apt secara berkala dan juga jangan lupa untuk selalu mengupdate serta mengupgrade sistem operasi Ubuntu yang teman-teman gunakan.

Oke jadi sampai disini dulu pembahasan kita mengenai cara mengosongkan ruang di Ubuntu, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan juga jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan informasi dan juga tips dan trik mengenai dunia teknologi lainnya.

Sampai jumpa lagi pada tutorial-tutorial selanjutnya ya, dan kalau teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, teman-teman boleh share artikel ini sebanyak-banyaknya ke teman-teman kalian, sampai jumpa.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Install Spotify di Ubuntu

Cara Install Spotify di Ubuntu

Cara Install Spotify di Ubuntu lebakcyber.net – Cara install Spotify di Ubuntu. Spotify merupakan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *