Friday , June 22 2018
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome

Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome

foto : internet

Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome

lebakcyber.net – Mungkin sebagian dari kalian belum ada yang mengetahui kalau didalam browser Google Chrome ada fitur Malware Scanner yang dibuat oleh ESET. Fitur tersebut sebenarnya sama dengan malware scanner lainnya dimana kamu bisa menggunakannya untuk mengetahui apakah ada malware atau tidak di PC kamu. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan malware scanner di Google Chrome.

Namun malware scanner yang ada pada Google Chrome adalah malware yang menginfeksi browser Google Chrome, misalnya malware yang menampilkan popup, menyisipkan iklan, mengganti default search engine yang biasa digunakan, malware yang memperlambat kinerja dari Google Chrome dan lain sebagainya.

Sebenarnya malware scanner yang ada pada Google Chrome ini berjalan secara otomatis dan juga rutin secara background, namun kamu juga bisa melakukan scanning malware secara manual kapanpun kamu mau.

Kalau kamu merasa ada yang gak beres dengan browser Google Chrome yang kamu gunakan, misalnya banyaknya iklan popup yang muncul, mesin pencari yang terus berganti-ganti atau Google Chrome yang dirasa sangat lambat saat digunakan, kamu bisa memanfaatkan fitur ESET Malware Scanner yang sudah ada didalam Google Chrome.

Caranya kamu tinggal mengetikan chrome://settings/cleanup pada pencarian browser, atau bisa juga dengan masuk ke menu SettingsAdvanced dan cari Reset and clean up lalu pilih Clean up computer. Selanjutnya kamu hanya tinggal mengklik Find.

Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome
foto : lebakcyber

Nantinya malware scanner akan secara langsung berjalan dan mencari apakah ada aplikasi atau malware yang ada didalam pc, dan jika ditemukan kamu bisa langsung melakukan clean up untuk menghapus malware tersebut. Namun kalau tidak ditemukan adanya malware, nanti akan ditampilkan status bahwa PC dalam keadaan bersih dan tidak ada software atau malware berbahaya yang ditemukan.

Jadi seperti itulah bagaimana cara menggunakan malware scanner di Google Chrome agar browser Google kamu tidak terkena serangan malware ataupun aplikasi yang mengganggu saat kamu berselancar di dunia maya dengan menggunakan browser Google Chrome.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian yang sering megalami iklan popup yang tiba-tiba muncul saat browsing dan pastinya hal tersebut sangat mengganggu kegiatan kalian, selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *