Monday , November 20 2017
Home / Excel / Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan fungsi SumIf di Microsoft Excel 2016. Fungsi SumIf sendiri di Microsoft Excel merupakan suatu gabungan antara fungsi SUM dan fungsi logika IF.

Pada tutorial Microsoft Excel sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai :

  1. Row, Cell, Column dan Range Di Excel 2016
  2. Pengertian Workbook Di Excel 2016
  3. Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016
  4. Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016
  5. Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel 2016

Fungsi SumIf sendiri dapat kita gunakan untuk menjumlahkan suatu cell dengan satu kriteria tertentu. Dan berikut ini adalah syntax penulisan fungsi SumIf di Microsoft excel 2016 :

SUMIF(range, kriteria,[sum_range])

Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Buatlah sebuah Worksheet baru di Microsoft Excel seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Gambar diatas merupakan data yang akan kita gunakan untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan fungsi SumIf di Microsoft Excel 2016, jadi silahkan dulu dibuat datanya seperti pada gambar diatas atau kamu bisa ubah sendiri nilainya sesuai dengan keinginan kamu. Untuk field total saya menggunakan fungsi SUM yang pada tutorial sebelumnya sudah pernah kita bahas tentang bagaimana cara menggunakan fungsi SUM di Excel 2016.

Berdasarkan tampilan pada gambar diatas, misalnya kita ingin mencari total pendapatan dari barang dengan nama Motherboard, RAM dan Harddisk saja, jadi tidak semua barang ingin kita cari total pendapatannya. Pada kondisi seperti itulah kita bisa menggunakan fungsi SumIf di Microsoft Excel 2016, jadi sekarang letakan cell di alamat C18 lalu masukan perintah seperti berikut ini :

=SUMIF(C5:C14, "Motherboard", F5:F14)

Nanti hasilnya akan tampak seperti pada gambar berikut ini :

Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Sekarang lanjutkan pada cell C19 dan C20 dengan mengganti kriterianya menjadi RAM dan Harddisk, nanti hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi SumIf Di Microsoft Excel 2016

Bisa kita lihat pada gambar diatas, kita bisa memilah total pendapatan dari barang tertentu yang sudah terjual dengan menambahkan kriteria tertentu dengan memanfaatkan fungsi SumIf di Microsoft Excel 2016. Jadi data total pendapatan yang dihitung hanyalah total pendapatan dengan nama barang Motherboard, RAM dan Harddisk.

Oke seperti itulah bagaimana cara menggunakan fungsi SumIf di Microsoft Excel 2016. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar Microsoft Excel lainnya ataupun mengenai tips dan trik programming ataupun database, sampai bertemu di tutorial Microsoft Excel selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *