Sunday , September 24 2017
Home / Excel / Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel 2016

Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel 2016

Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel 2016

Lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu fungsi yang ada di Microsoft Excel yaitu Fungsi IF. Fungsi IF juga merupakan salah satu fungsi yang sangat sering digunakan saat bekerja dengan Microsoft Excel yang digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap suatu kondisi tertentu. Dan kali ini kita akan mempelajari cara menggunakan fungsi if di Microsoft Excel.

Pada tutorial Microsoft Excel sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai :

  1. Row, Cell, Column dan Range Di Excel 2016
  2. Pengertian Workbook Di Excel 2016
  3. Menggunakan Rumus Di Microsoft Excel 2016
  4. Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count Di Microsoft Excel 2016

Fungsi IF atau bila diartikan kedalam Bahasa Indonesia adalah “jika”, digunakan untuk mengecek suatu kondisi tertentu, bisa dibilang fungsi IF ini adalah fungsi logika. Apabila kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain.

Sebelum kita bahas lebih jauh ada baiknya perhatikan bentuk dasar penulisan syntax untuk fungsi IF adalah seperti berikut

=IF(kondisi,”nilai_jika_benar”,”nilai_jika_salah”)
  • Buatlah sebuah lembar kerja baru di Microsoft Excel, buatlah tabel data nilai siswa seperti pada contoh gambar dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel

  • Selanjutnya kita akan mencoba membuat sebuah logika sederhana, jika siswa yang memiliki nilai dibatas 80 maka siswa tersebut akan dinyatakan lulus. Sebaliknya, jika siswa memiliki nilai dibawah 80 maka siswa tersebut dinyatakan tidak lulus.
  • Lalu tinggal kita masukan fungsi if kedalam rumus pada cell D5 seperti berikut ini :
=IF(C5>=80,"Lulus","Tidak Lulus")
  • Selanjutnya tekan enter untuk mengetahui apakah siswa tersebut lulus atau tidak. Lalu lakukan fill range seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel

Jadi logika syntax fungsi IF di Microsoft excel pada contoh diatas adalah, pertama kita membuat sebuah variable atau nilai yang menjadi dasar untuk menentukan suatu logika atau kondisi tertentu, pada contoh diatas kondisinya adalah jika siswa memiliki nilai lebih besar atau sama dengan 80 maka siswa tersebut dinyatakan lulus, sedangkan jika nilai siswa tersebut dibawah 80 maka siswa tersebut dinyatakan tidak lulus.

Dari hasil penggunaan Fungsi IF di Microsoft excel pada contoh diatas, kita bisa mengetahui dengan cepat bahwa ada tiga siswa yang dinyatakan lulus dan dua siswa dinyatakan tidak lulus. Hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Menggunakan Fungsi IF Di Microsoft Excel

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara menggunakan fungsi IF di Microsoft Excel 2016. Semoga tutorial sederhana mengenai Microsoft Excel ini dapat membantu kamu yang baru belajar mengenai Microsoft Excel. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar excel lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *