Friday , June 22 2018
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Mengatasi Virus Spyware Dengan Mudah

Cara Mengatasi Virus Spyware Dengan Mudah

foto : sciencesoft

Cara Mengatasi Virus Spyware Dengan Mudah

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi virus spyware dengan mudah dan cepat. Spyware atau yang biasa disebut juga dengan perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan mengambil data korbannya tanpa sepengetahuan dari korban itu sendiri.

Biasanya Spyware itu bukan hanya mencuri data dari penggunanya saja, tapi juga merusak sistem dari perangkat yang digunakan oleh korbannya. Biasanya spyware ini menyebar dengan melalui file yang sudah terinfeksi oleh spyware itu sendiri, penyebarannya bisa melalui internet atau perangkat penyimpanan.

Jadi ada baiknya kalau kamu berhati-hati saat mendownload file atau aplikasi dari sumber yang tidak jelas di internet, karena tidak menutup kemungkinan kalau file atau aplikasi yang kamu download tersebut sudah terjangkit oleh spyware.

Spyware sendiri sebenarnya masih turunan dari software iklan atau adware yang dibuat untuk memantau penggunanya saat berselancar di internet. Mungkin kamu pernah melihat iklan yang muncul saat kamu browsing di internet yang menawarkan suatu file untuk di download, kalau kamu menemui hal semacam itu jangan langsung di download filenya, karena kemungkinan besar file tersebut sudah disisipi spyware.

Akibat Yang Terjadi Jika Komputer Terkena Spyware

  • Pengambilan Data Penting dari Komputer

Informasi yang biasanya dicuri oleh spyware adalah informasi yang masih tersimpan didalam cache browser atau data history yang ada di browser yang menyimpan rekaman mengenai website apa saja yang biasanya dibuka oleh sang pemiliki komputer saat berselancar di dunia maya.

Selain itu, ada juga beberapa spyware yang bukan hanya mengambil data browser, tapi juga mengambil data-data penting seperti alamat email yang biasanya akan mereka gunakan untuk mengirim email sampah atau spam.

  • Internet Menjadi Lambat

Karena kebiasaan Spyware yang selalu menampilkan iklan pop up pada windows yang bisa sampai 7 halaman sekaligus, tentu saja hal tersebut membuat loading internet menjadi semakin lambat karena browser menjadi semakin memakan banyak resource dan memori.

  • Kuota Internet Menjadi Boros

Spyware juga membuat pemborosan data kuota internet, karena begitu seringnya pop up yang muncul dan menampilkan iklan tentu saja penggunaan bandwith atau kuota untuk menampilkan iklan tersebut cukup besar dan membuat kuota internat menjadi cepat habis.

Cara Mencegah Spyware

Berikut ini adalah cara bagaimana mencegah spyware menyebar atau menjangkiti perangkat komputer yang kamu gunakan.

  • Memasang Anti Virus

Kamu bisa menginstall anti virus terpercaya agar terhindar dari serangan spyware tersebut. Karena dengan adanya anti virus yang terinstall pada perangkat komputer kamu bisa membuat komputer tidak mudah diserang oleh spyware.

  • Update Anti Virus Secara Berkala

Kamu harus mengupdate Anti Virus kamu secara berkala, karena walaupun kamu sudah menginstall anti virus namun tidak pernah melakukan updating maka sama saja bohong, karena nantinya anti virus tersebut tidak bisa mengidentifikasi dan mencegah virus-virus baru yang bermunculan.

  • Install Aplikasi Penghapus Spyware

Kalu komputer kamu sudah terlanjur terkena spyware ataupun adware dan belum sempat menginstall anti virus, ada baiknya kamu ikuti langkah bagaimana cara menghapus adware dan juga spyware yang sudah pernah lebakcyber bahas sebelumnya melalui link ini : https://lebakcyber.net/cara-mengatasi-adware-di-browser/

  • Disable Penyimpanan Cookie Pada Browser

Selanjutnya adalah dengan mendisable atau mematikan penyimpanan Cookie yang ada pada browser, atau kalau tidak mau repot kamu bisa menghapus semua history kamu di browser dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + Delete lalu pilih Clear Data.

Demikianlah cara mengatasi virus spyware dengan mudah dan cepat, semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mengalami masalah spyware ataupun adware pada perangkat komputer yang kamu gunakan. Sampai jumpa pada tips dan trik mengenai komputer selanjutnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *