Tuesday , September 17 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

Cara Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

foto : internet

Cara Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

lebakcyber.net – Cara mengatasi laptop dan pc yang lemot. Sekarang ini laptop dan pc yang beredar di pasaran memiliki performa yang cukup kencang. Apalagi jika ditambahkan dengan sistem operasi Windows 10 yang jauh lebih cepat dibanding pendahulunya.

Namun laptop atau pc yang sering digunakan setiap hari performanya secara perlahan akan semakin menurun atau menjadi lemot. Menggunakan laptop atau pc yang lemot pasti lama-lama akan membuat kita jengkel, apalagi kalau sedang dikejar deadline.

Bagi kalian pengguna laptop atau pc yang menggunakan windows 7, 8 atau windows 10 yang sudah terasa mulai lambat, jangan khawatir karena pada artikel ini lebak cyber akan sharing cara mengatasi laptop dan pc yang lemot yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Update Sistem Operasi dan Aplikasi

Selalu melakukan update aplikasi dan juga sistem operasi yang digunakan, karena sistem yang selalu up-to-date bukan hanya membuat laptop kalian menjadi lebih aman tapi juga membuat performanya menjadi lebih cepat.

Uninstall Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Terkadang kita sering menginstall aplikasi yang ternyata jarang digunakan tanpa menyadari kalau sebenarnya aplikasi tersebut memakan ruang didalam harddisk. Untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di pc atau laptop beserta ukurannya, kalian dapat masuk ke control panel – programs – programs and features lalu menghapus aplikasi yang jarang kalian gunakan.

Ganti Harddisk dengan SSD

Harddisk memang lebih murah dibandingkan dengan SSD, SSD atau Solid State drive dapat membuat proses startup laptop menjadi lebih cepat dan juga proses menjalankan aplikasi menjadi lebih lancar.

Upgrade RAM

Lebih banyak kapasitas RAM yang ada pada pc atau laptop akan membuat performa pc atau laptop tersebut menjadi semakin kencang dalam beroperasi sehari-hari. Kalau merasa laptop kalian sudah lemot parah, coba ganti dengan RAM yang memiliki kapasitas besar dan sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

Cek Virus atau Malware

Virus atau malware yang berbahaya dapat membuat kinerja pc atau laptop menjadi lebih lambat karena biasanya virus atau malware tersebut memakan resource yang ada pada pc atau laptop, oleh karena itu ada baiknya kalian menginstall anti virus untuk mengecek apakah di pc atau laptop kalian terdapat virus atau malware yang berbahaya.

Batasi Aplikasi saat Startup

Kadang pc atau laptop menjadi lemot saat dinyalakan karena ada beberapa aplikasi yang langsung dijalankan pada saat laptop atau pc pertama kali dinyalakan. Untuk membatasi aplikasi apa saja yang dapat berjalan saat startup, kalian dapat masuk ke Task Manager dan klik tab Startup. Pada tab tersebut kalian bisa mengatur aplikasi apa saja yang seharunya berjalan saat startup.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan saat merasa kalau PC atau laptop yang kalian gunakan mulai terasa lemot.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *