Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Mengatasi Koneksi IndiHome Yang Lemot

Cara Mengatasi Koneksi IndiHome Yang Lemot

Cara Mengatasi Koneksi IndiHome Yang Lemot

lebakcyber.net – Cara mengatasi koneksi IndiHome yang lemot. Indihome sekarang ini menjadi salah satu Internet Service Provider (ISP) terbesar yang ada di Indonesia sekaligus menjadi ISP yang paling populer dan juga banyak digunakan.

Walaupun begitu, layanan internet dari IndiHome sendiri biasanya tidak selalu sempurna. Karena terkadang masih sering terjadi gangguan yang dapat menyebabkan koneksi internet IndiHome menjadi lemot atau lambat.

Bagi kalian pengguna IndiHome dan juga merasakan hal yang sama, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai solusi mengatasi koneksi internet IndiHome yang lemot.

Advertisements

Gangguan Yang Menyebabkan IndiHome Lambat

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara menatasi koneksi IndiHome yang lambat, sebelumnya kalian harus mengetahui dahulu ciri-ciri gangguan yang biasanya terjadi pada koneksi internet IndiHome.

Gangguan pada IndiHome biasanya terjadi pada waktu-waktu tertentu karena satu dan lain hal, sebenarnya hal tersebut bisa dikatakan hal yang biasa bahkan untuk ISP sekelas IndiHome.

Advertisements

Dengan mengetahui ciri-ciri gangguan pada IndiHome kita dapat menjadi lebih mudah untuk mengetahui parameter koneksi internet normal dan yang sedang mengalami gangguan.

1. Tidak dapat Terhubung ke Internet

Bukan hanya koneksi dari IndiHome yang tiba-tiba menjadi lambat, gangguan lainnya juga dapat menyebabkan perangkat yang kalian gunakan tidak bisa terhubung ke internet.

Gangguan seperti itu terkadang memang dapat terjadi dan penyebabnya juga dapat bermacam-macam, dan pastinya cara penanganan masalah tersebut juga berbeda-beda.

Saat kalian merasakan semua perangkat yang kalian gunakan tidak dapat terhubung dengan internet walaupun sudah melakukan pembayaran pada paket IndiHome yang digunakan, maka hal tersebut dapat dipastikan memang sedang terjadi gangguan pada IndiHome.

2. Koneksi Internet Yang Lambat

Biasanya saat kalian mendownload suatu file dari situs atau server tertentu dan melihat bandwith download yang lebih kecil dari yang biasanya kalian dapatkan, belum tentu hal tersebut terjadi karena adanya gangguan internet.

Untuk bisa mengukur kecepatan dari koneksi internet yang menggunakan ISP IndiHome, kecepatan internet tidak dapat digunakan sebagai indikator karen bisa saja website atau server yang kalian gunakan untuk mendownload file tersebut memang membatasi kecepatan downloadnya.

Cara Mengatasi Koneksi IndiHome yang Lambat

Ada beberapa cara yang dapat kalian coba untuk mengatasi koneksi IndiHome yang lemot, dan berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi koneksi internet yang lambat saat kalian menggunakan ISP IndiHome.

1. Lakukan Restart Router

Masalah router seringkali menjadi salah satu penyebab kenapa koneksi internet pada IndiHome menjadi lambat.

Router merupakan perangkat yang memang bertanggung jawab yang digunakan agar kalian dapat terhubung ke internet, jika router yang kalian gunakan mengalami error setelah digunakan dalam waktu beberapa lama dapat menyebabkan koneksi internet terganggu.

Lakukan proses restart untuk mencoba menghilangkan masalah error pada router tersebut dan biasanya koneksi internet akan kembali normal setelah router di restart.

2. Batasi Jumlah Pengguna

Selain masalah error pada perangkat router, banyaknya jumlah pengguna yang terhubung juga bisa menyebabkan koneksi internet kalian menjadi lambat.

Kalau kecepatan internet IndiHome yang kalian gunakan sebesar 10MBps dan ada 10 perangkat yang terhubung, maka kecepatan yang diterima oleh masing-masing perangkat tersebut juga akan menjadi sangat kecil.

Lebih lagi kalau salah satu perangkat tersebut melakukan proses download, maka otomatis kecepatan internet pada perangkat lain akan turun secara drastis.

Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan masuk kedalam admin router dan lihat ada berapa perangkat yang terhubung. Kalau jumlahnya memang terlalu banyak, sebaiknya batasi jumlah pengguna agar internet kalian kembali lancar.

3. Hapus Cache di Browser

Browser yang menyimpan terlalu banyak cache dapat menyebabkan koneksi internet yang kalian gunakan menjadi lambat, karena cache pada browser berisi data dan juga kegiatan browsing yang sebelumnya kalian lakukan.

Dengan adanya cache yang terlalu banyak bisa menyebabkan bebna kerja dari browser kalian menjadi lebih berat, hal tersebut juga bisa menyebabkan proses browsing internet kalian menjadi lambat.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut sebaiknya hapus cache pada browser yang kalian gunakan untuk mempercepat koneksi internet.

Oke jadi itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk cara mengatasi koneksi IndiHome yang lemot. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat dan bisa membantu kalian.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *