Monday , August 19 2019
Home / The Lounge / Intermezzo / Cara Mengatasi Kecanduan Main Game

Cara Mengatasi Kecanduan Main Game

foto : sciencenordic

Cara Mengatasi Kecanduan Main Game

lebakcyber.net – Cara mengatasi kecanduan main game. Tidak dapat dipungkiri kalau sekarang ini bermain game menjadi salah satu solusi untuk menghabiskan waktu. Dengan bermain game juga terdapat beberapa manfaat dan kerugiannya tersendiri, salah satunya menjadi kecanduan dan juga boros.

Boros disini dapat diartikan kalau orang tersebut selalu membeli berbagai aksesoris gaming dan juga tidak jarang melakukan pembelian item-item yang ada didalam game. Bukan itu saja, kecanduan bermain game juga dapat menhambat produktivitas, apalagi kalau bermain game sampai berjam-jam hingga lupa waktu.

Kalau kamu sudah kecanduan bermain game dan ingin keluar dari kebiasaan tersebut, kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menanggulangi masalah tersebut.

Kumpulkan Niat Untuk Mengurangi Bermain Game

Cara yang pertama untuk mengatasi kecanduan main game adalah dengan mengumpulkan niat untuk mengurangi bermain game. Dengan niat ini kamu harus benar-benar memantapkan hati untuk dapat mengurangi bermain game. Karena kalau niat saja tidak ada, bagaimana kamu bisa mengurangi waktumu untuk bermain game.

Batasi Waktu Saat Bermain Game

Yang kedua adalah dengan membatasi waktu saat bermain game. Cara ini juga dirasa cukup efektif untuk mengurangi kecanduanmu dalam bermain game. Kalau biasanya selama ini kamu tidak membatasi waktumu saat bermain game, coba deh dengan menentukan batas jam saat bermain game. Misalnya hanya memainkan game saat jam makan siang dan jangan bermain game di saat jam sekolah atau jam kerja.

Jangan sampai kamu bermain game dengan waktu yang berlebihan. Misalnya dalam waktu satu hari kamu hanya bermain game selama satu atau setengah jam saja, kalau sudah satu atau setengah jam tersebut dihabiskan untuk bermain game, cobalah untuk segera berhenti memainkan game tersebut.

Batasi Pengeluaran Untuk Bermain Game

Yang ketiga adalah dengan cara membatasi pengeluaran untuk bermain game. Seperti banyak pengalaman orang lain yang sudah kita ketahui, kalau sudah kecanduan bermain game, sudah pasti orang tersebut akan rela untuk mengeluarkan uangnya untuk mengupgrade game. Hal tersebut misalnya bertujuan untuk selalu memang dan juga memililki item atau hero yang bagus.

Kecanduan untuk selalu mengupgrade game inilah yang dapat memberikan dampak buruk. Oleh karena itu, ada baiknya kalau uang tersebut kamu alihkan untuk traveling misalnya. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat uang untuk traveling.

Perbanyak Kegiatan Lain

Cara selanjutnya untuk mengatasi kecanduan bermain game adalah dengan memperbanyak kegiatan lain selain bermain game. Cara ini juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengeluarkan kamu dari kebiasan dalam bermain game.

Kegiatan produktif selain bermain game bisa mendapatkan keuntungan bagi kamu loh. Salah satunya adalah misalnya dengan membuat channel YouTube dan juga membuat konten YouTube. Cobalah untuk membuat konten yang bermanfaat, kalau misalnya channel kamu sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Adsense, pasti kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Jadi sekarang sudah tahu kan bagaimana cara untuk mengatasi kecanduan bermain game. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya. Agar mereka yang memiliki masalah kecanduan bermain game bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *