Sunday , July 5 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

foto : computerworld

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

lebakcyber.net – Cara mempercepat pengisian baterai smartphone. Proses melakukan pengisian daya baterai smartphone merupakan salah satu hal yang menjengkelkan. Apalagi kalau di saat kita sedang terburu-buru untuk segera pergi dan sayangnya tidak memiliki power bank.

Memang kita tidak dapat melakukan pengisian baterai smartphone sampai penuh hanya dalam waktu singkat walaupun sudah menggunakan smartphone yang mendukung pengisian daya dengan fitur fast charging.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mempercepat pengisian baterai smartphone. Jadi langsung saja simak tipsnya berikut ini :

Advertisements

Gunakan Steker Listrik

Gunakan selalu steker listrik secara langsung dan bukannya menggunakan port USB. Karena port USB hanya memiliki keluaran listrik sebesar 0,5A.

Steker listrik sendiri biasanya memberikan keluaran listrik sebesar 1A. Jadi bukan masalah menggunakan daya listrik yang rendah, perangkat kalian juga tidak akan rusak. Namun pengisian smartphone tertentu akan memakan waktu yang cukup lama.

Advertisements

Matikan dan Jangan Gunakan Smartphone

Saat melakukan pengisian daya pada smartphone, sebaiknya smartphone dalam kondisi mati dan jangan menggunakan smartphone pada saat melakukan pengisian daya. karena pada saat smartphone dimatikan, proses pengisian daya tidak terbuang dan agar menjaga agar smartphone tetap menyala.

Jangan Gunakan Pengisian Melalui Media Wireless (Nirkabel)

Sekarang ini pengisian baterai secara wireless memang semakin memudahkan kalian dalam melakukan pengisian daya smartphone. Namun kalian harus menghindari pengisian daya baterai wireless kalau ingin melakukan proses pengisian baterai dengan cepat.

Karena proses pengisian daya melalui wireless memberikan proses pengisian daya yang lebih rendah. Hasil tes mendapati kalau kecepatan pengisian daya melalui wireless lebih rendah 50% jika dibandingkan dengan pengisian daya dengan menggunakan kabel.

Aktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode

Kalau kalian masih ingin menyalakan smartphone pada saat proses pengisian berlangsung, kalian dapat memanfaatkan fitur mode pesawat untuk mematikan sinyal dari jaringan.

Salah satu yang menguras daya baterai adalah sinyal jaringan. Apalagi saat pengguna berada di daerah yang memiliki sinyal yang jelek. Semakin jelek sinyal, maka semakin cepat kapasitas baterai akan terkuras.

Setidaknya kalian dapat mematikan sinyal jaringan seluler saja kalau misalnya sedang menunggu telepon penting. Karena mematikan jaringan seluler di smartphone berarti kalian hanya mematikan jaringan internet dan bukan untuk telepon.

Lepas Pelindung Smartphone

Sekarang hampir semua smartphone menggunakan baterai lithium-ion dimana memungkinkan bateria lithium-ion lebih efisien jika diisi dalam suhu yang dingin.

Agar pengisian daya smartphone menjadi lebih optimal, suhu baterai setidaknya harus berada antara 5 derjat celcius dan 45 derajat celcius. Suhu dari baterai sendiri memang ditentukan oleh suhu ruangan, tapi dengan melepas pelindung smarpthone dapat mengurangi panas dari baterai.

oke jadi itulah beberapa tips cara mempercepat pengisian baterai smartphone, semoga tips tersebut bermanfaat saat kalian sedang terburu-buru namun baterai smartphone kalian hampir habis.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *