Friday , June 22 2018
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Mempercepat Kinerja Windows 10
Cara Mempercepat Kinerja Windows 10
foto : youtube

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

lebakcyber.net – Kalau kalian merasa bahwa Windows 10 yang kalian gunakan terasa lambat saat digunakan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mempercepat kinerja Windows 10 kalian.

Melambatnya kinerja Windows 10 sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari software, masalah hardware, driver hardware yang tidak cocok, masalah pada register dan sebagainya. Mungkin kalian sering merasa kesal karena semakin hari kinerja dari Windows 10 menjadi semakin menurun. Tapi kalau kalian mengalami masalah tersebut jangan langsung menyalahkan software ataupun hardware yang ada pada komputer kalian, karena bisa saja hal tersebut terjadi karena adanya virus pada perangkat komputer kalian.

Misalnya komputer kalian terkena Adware ataupun malware yang mampu memperlambat kinerja dari Windows 10 yang kalian gunakan yang menyebabkan menurunnya performa dari Sistem Operasi Windows 10 yang kalian gunakan.

Oke daripada kita membahasnya terlalu panjang lebar, lebih baik langsung saja kita simak cara mempercepat kinerja Windows 10 berikut ini.

Restart Komputer

Restart komputer merupakan salah satu cara paling ampuh untuk kembali mempercepat kinerja komputer, kamu bisa melakukan restart komputer saat komputer kamu mengalami hang ataupun terasa lambat saat membuka aplikasi tertentu.

Nonaktifkan Program Startup

Biasanya beban loading Windows akan terasa berat saat pertama kali komputer dinyalakan, hal tersebut bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang langsung dijalankan pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

Untuk menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak langsung berjalan pada saat komputer pertama kali booting, silahkan klik kanan pada taskbar lalu pilih task manager, atau kalian juga bisa menggunakan tombol kombinasi Ctrl – Alt – Del lalu pilih task manager dan masuk ke tab Startup yang nantinya akan ditampilkan aplikasi apa saja yang berjalan langsung pada saat Windows 10 kamu pertama kali dijalankan, lalu dibagian status pilih disabled pada aplikasi yang ingin kamu ubah settingnya agar tidak berjalan pada saat komputer pertama kali dijalankan.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

 

Gunakan Aplikasi CCleaner

CCleaner merupakan salah satu aplikasi gratisan yang bisa membantu kinerja Windows 10 kamu menjadi lebih cepat, walaupun gratis namun aplikasi ini tidak bisa dianggap remeh loh karena aplikasi ini mampu memperbaiki beberapa kesalahan yang ada pada sistem operasi windows 10.

Aplikasi CCleaner ini juga bisa digunakan untuk menghapus cache yang menumpuk pada sistem operasi windows 10 yang membuat kinerjanya menjadi lambat, selain itu ada juga fitur Scan For Issue yang mampu memperbaiki masalah sistem yang ada pada windows 10.

Aplikasi CCleaner ini juga bisa menonatifkan aplikasi yang langsung berjalan pada saat komputer pertama kali dijalankan tanpa mengharuskan kalian masuk kedalam task manager. Dan juga aplikasi ini mampu memperbaiki masalah yang ada di registry editor dan memperbikinya secara langsung.

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10
foto : piriform

Lakukan Pengecekan Terhadap Virus, Malware dan Adware

Bukan rahasia umum lagi kalau program berbahaya seperti virus, malware dan juga adware merupakan salah satu penyebab sistem operasi windows 10 kalian menjadi menurun performanya. Maka ada baiknya kalian menginstal Anti Virus terbaik dan selalu mengupdatenya secara teratur agar komputer yang kamu gunakan bisa terbebas dari berbagai program berbahaya tersebtu.

Update Sistem Operasi dan Juga Driver Hardware Secara Teratur

Dengan melakukan update sistem operasi secara teratur membuat sistem operasi windows 10 yang kamu gunakan mendapatkan patch atau perbaikan jika ada bug pada versi sebelumnya, selain itu mengupdate driver hardware yang digunakan pada komputer juga bisa membantu mempercepat kinerja dari hardware yang terpasang pada komputer kamu.

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara mempercepat kinerja Windows 10 kalian, semoga tutorial dan tips sederhana ini dapat bermanfaat bagi kalian yang mengalami masalah kinerja Windows 10 yang semakin menurun.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *