Tuesday , April 23 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

Lebakcyber.net – Pada tips dan trik kali ini lebakcyber akan sharing mengenai bagaimana cara memperbaiki sistem windows 10 dengan cmd NFC jika komputer kamu yang menggunakan sistem operasi windows 10 sering mengalam Blue Screen of Death (BSOD) pada saat digunakan.

Masalah yang sering dihadapi pada saat komputer mengalami Blue Screen adalah munculnya pesan pesan error seperti Missing File dan yang menyebabkan Windows menjadi seperti itu ada banyak penyebabnya, diantaranya adalah masalah Hardware seperti Harddisk, RAM dan sebagainya. Atau ada kemungkinan juga jika sistem operasi windows 10 kamu telah terkena virus yang membuat kinerja komputer menjadi lambat.

Sebenarnya pihak Microsoft sudah menyertakan sebuah utilitas yang dapat digunakan untuk melakukan proses pengecekan file sistem yang ada di sistem operasi. File tersebut adalah System File Checker atau SFC yang sebenarnya utilitas ini sudah disertakan di sistem operasi Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10.

Apa itu SFC (System File Checker)

System File Checker atau sfc.exe terletak di direktori C:\Windows\System32 folder. Utilitas ini berguna untuk memperbaiki file sistem windows yang rusak (corrupt) atau terhapus. SFC dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada Windows, misalnya kerusakan Startup, Blue Screen, Windows Hang atau macet pada saat digunakan dan kerusakan kerusakan lainnya.

Sebelum menggunakan sfc.exe, ada baiknya kamu menyertakan CD instalasi kedalam DVD drive, atau mount file instalasi windows .iso kedalam virtual dvd seperti Ultra Iso atau aplikasi virtual DVD lainnya, karena pada saat proses pendeteksian sistem oleh SFC, SFC akan membutuhkan beberapa file yang ada didalam DVD atau file .iso dari sistem operasi windows 10 yang kamu gunakan.

Langkah Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan NFC

  • Klik tombol windows dikeyboard lalu ketikan CMD
  • Jika sudah klik kanan CMD tersebut lalu pilih Run As Administrator
  • Selanjutnya ketikan perintah

sfc /scannow

  • SFC akan mulai melakukan proses scanning pada sistem operasi windows 10 kamu dan akan memperbaikinya secara otomatis jika memang ditemukan kerusakan, proses ini akan memakan waktu yang cukup lama antara kira kira 20 menitan. Dan kamu harus menunggu sampai proses Verification mencapai 100%.

Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

  • Jika proses scanning sudah mencapai 100% maka informasi akan keluar. Ada beberapa informasi yang bisa didapatkan jika proses scanning sudah mencapai 100%, misalnya jika tidak ada masalah maka akan keluar informasi :

Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

Verification 100% Complete.
Windows Resource Protection did not find any integrity violations.

Itu artinya tidak ada masalah pada file sistem di windows 10 kamu.

  • Jika pesan yang keluar adalah pesan :

Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log

Berarti file sistem di sistem operasi windows 10 kamu memang mengalami masalah dan sfc.exe sudah berhasil memperbaikinya.

  • Jika pesan yang keluar adalah :

Cara Memperbaiki Sistem Windows 10 Dengan CMD NFC

Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log windir\Logs\CBS\CBS.log. For example C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. Note that logging is currently not supported in offline servicing scenarios.
The system file repair change will take effect after the next reboot.

Jika pesan yang keluar seperti diatas, silahkan kamu restart komputer kamu, sfc akan tetap mencoba memperbaiki file yang rusak setelah komputer di restart.

Dengan menggunakan utility SFC Scannow di CMD ini sebenarnya sungguh dapat membantu kamu jika menghadapi file sistem yang ada di windows 7, 8, 8.1 ataupun windows 10 mengalami kerusakan atau corrupt.

Semoga tutorial sederhana mengenai cara memperbaiki sistem windows 10 dengan cmd NFC ini dapat membantu kamu mengatasi masalah blue screen di windows 10 ataupun pesan error yang muncul saat menggunakan komputer dengan sistem operasi windows 7, 8, 8.1 atau windows 10.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

2 comments

  1. Mas kalo sudah scanning trus yg keluar tulisan “windows resource protection could not perform the requested operation” itu kenapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *