Friday , May 29 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk Dengan CMD

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk Dengan CMD

Foto : howtogeek.com

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk Dengan CMD

Lebakcyber.net – Harddisk merupakan salah satu hardware yang dapat digunakan untuk menyimpan data ataupun file system dari sistem operasi yang kamu gunakan. Namun semakin lama umur sebuah harddisk dan semakin sering harddisk digunakan tidak menutup kemungkinan kalau harddisk akan mengalami kerusakan atau memiliki bad sector. Kali ini lebakcyber.net akan sharing bagaimana cara memperbaiki Bad Sector pada Harddisk dengan CMD (command prompt).

Bad Sector pada harddisk sendiri terbagi dua, yaitu bad sector yang diakibatkan secara fisik dan software. Bad sector secara fisik contohnya jika harddisk yang kamu gunakan itu jatuh dan bad sector secara software biasanya disebabkan jika komputer kamu sering mati dengan cara yang tidak benar atau tidak melalui perintah shut down, misalnya komputer mati karena mati listrik, atau kamu mematikan komputer dengan menekan tombol power secara lama yang membuat komputer mati secara mendadak.

Kerusakaan bad sector yang diakibatkan oleh software lebih mudah untuk diperbaiki daripada bad sector yang disebabkan oleh kerusakaan secar fisik misalnya karena harddisk jatuh atau mengalami panas yang berlebihan. Untuk memperbaiki bad sector silahkan ikuti cara memperbaiki bad sector pada harddisk dengan menggunakan cmd berikut ini :

Advertisements
  • Klik windows di keyboard lalu ketikan CMD, jika sudah muncul silahkan klik kanan dan Run as Administrator.
  • Jika sudah terbuka silahkan masukan perintah seperti berikut ini :
chkdsk /r /f i:
  • Keterangan :
  1. Chkdsk merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan Harddisk
  2. /r perintah yang digunakan untuk memindahkan bad sector
  3. /f perintah yang digunakan untuk memperbaiki bad sector
  4. i: merupakan partisi yang ingin kamu cek atau perbaiki bad sectornya.

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk Dengan CMD

  • Tunggu proses pengecekan sampai selesai, lamanya pemrosesan tergantung dari ukuran partisi harddisk yang kamu pilih. Semakin besar, maka proses pengecekan bad sector akan memakan waktu yang cukup lama karena proses pengecekan ini dilakukan secara full scan.

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk Dengan CMD

  • Jika sudah selesai nanti akan keluar hasilnya, apakah partisi pada harddisk kamu masih bagus atau tidak nanti akan tampil informasinya setelah proses pengecekan selesai dilakukan seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk Dengan CMD

Pada hasil diatas saya menggunakan media flashdisk sebagai contoh tutorial ini, dan hasil yang didapat adalah flashdisk milik saya masih dalam kondisi yang bagus dan tidak ada kerusakan bad sector secara fisik ataupun software didalamnya. Jadi cara diatas bukan hanya bisa digunakan untuk memperbaiki bad sector di harddisk saja, namun juga bisa digunakan pada media penyimpanan lainnya seperti flashdisk ataupun microsd.

Itulah bagaimana cara memperbaiki bad sector pada harddisk dengan cmd yang dapat kamu ikuti langkah langkahnya jika harddisk kamu mengalami bad sector.

Advertisements

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial mengenai komputer lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

One comment

  1. Artikel yang saya cari cari dari semalam dapat juga.
    Thnks sudah berbagi info gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *