Thursday , October 29 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Memperbaiki Aplikasi Gboard yang Crash

Cara Memperbaiki Aplikasi Gboard yang Crash

foto : Play Store

Cara Memperbaiki Aplikasi Gboard yang Crash

lebakcyber.net – Cara memperbaiki aplikasi Gboard yang Crash. Pembaruan yang dirilis oleh Google keyboard Gboard pada 18 Desember 2019 lalu ternyata malah membawa masalah pada beberapa smartphone pengguna.

Pembaruan tersebut membuat aplikasi Gboard sering menutup secara tiba-tiba sehingga membuat para pengguna tidak dapat menggunakannya.

Hal tersebut diketahui setelah beberapa pengguna di dunia mengeluhkan mengenai masalah tersebut. Selain mengeluarkan keluhan di halaman bantuan Google dan juga pada forum Reddit, mereka juga mengicaukan keluhannya di halaman Twitter.

Advertisements

Berdasarkan keterangan dari para pengguna, pembaruan tersebut membuat keyboard seringkali berhenti secara tiba-tiba sehingga mereka menjadi kesulitan dalam mengetik.

Bukan itu saja, masalah tersebut bahkan membuat pengguna tidak dapat mengakses smartphone mereka yang dikunci dengan menggunakan metode pin karena untuk membuka kunci tersebut pengguna harus mengetikkan nomor rahasia dengan menggunakan Gboard.

Advertisements

Salah seorang pengguna di Twitter mengatakan “Saya tidak dapat mengakses smartphone saya karena Gboard tidak dapat digunakan. Apa yang harus saya lakukan?”

Masalah tersebut pertama kali ditemukan pada smartphone Motorola dan tidak ditemukan secara merata pada seluruh smartphone yang menggunakan sistem operasi Android.

Walaupun mendapat banyak keluhan, pihak Google sendiri belum memberikan keterangan resmi mengenai masalah yang ada pada aplikasi Gboard tersebut.

Biasanya, masalah seperti ini akan diselesaikan oleh pihak Google hanya dalam waktu beberapa waktu ke depan. Dikutip dari halaman 9to5Google, pengguna yang belum melakukan update aplikasi Gboard mereka disarankan untuk menunda pembaruan.

Namun bagi pengguna yang sudah terlanjut melakukan update dan menemukan bahwa aplikasi Gboard mereka sering mengalami crash, ada langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Langkah Memperbaiki Gboard yang Crash

Kalau pengguna masih dapat membuka smartphonenya, pergi ke menu “Settings” lalu pilih menu “Apps” atau menu serupa. Pada tampilan tersebut, silahkan klik aplikasi Gboard dan pilih menu storage selanjutnya klik kedua tombol yang ada, yaitu “Clear Data” dan juga “Clear Cache”.

Di beberapa smartphone, pengguna dapat menemukan kedua pilihan tadi sesaat mereka memilih aplikasi Gboard dari menu “Apps”. Setelah cache dan juga data dibersihkan, silahkan lakukan restart smartphone.

Kalau pengguna memilih untuk mencopot aplikasi Gboard sepenuhnya, smartphone juga akan mengalihkan sistem inputnya secara otomatis ke aplikasi keyboard bawaan atau aplikasi serupa lainnya yang terpasang di smartphone.

Selain menggunakan cara diatas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi keyboard lainnya yang banyak tersedia di Play Store. Selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *