Monday , November 20 2017
Home / HTML 5 / Cara Membuat Tulisan Berjalan (Marquee) Di HTML

Cara Membuat Tulisan Berjalan (Marquee) Di HTML

Cara Membuat Tulisan Berjalan (Marquee) Di HTML

Lebakcyber.net – marquee merupakan salah satu tag yang ada pada HTML yang biasanya digunakan untuk membuat teks berjalan secara horizontal ataupun vertical. Dan pada tutorial kali ini kita akan memabahas mengenai bagaimana cara membuat tulisan berjalan (Marquee) di HTML.

Dengan menggunakan tag marquee kamu bisa membuat teks atau gambar berjalan secara otomatis dari atas kebawah, bawah ke atas, kanan ke kiri ataupun kiri ke kanan secara otomatis. Tag marquee ini pertama kali diperkenalkan pada versi awal Mincrosoft Internet Explorer.

Contoh Membuat Tulisan Berjalan Dengan Marquee

Berikut ini adalah contoh perintah bagaimana membuat tulisan berjalan secara otomatis di HTML. Silahkan buka notepad lalu masukan perintah seperti dibawah ini, lalu simpan dan berinama marqueelebakcyber.html :

<marquee>Selamat Belajar Di Lebakcyber.Net</marquee>

Sekarang coba jalankan file marqueelebakcyber.html tersebut di browser, nanti tulisan Selamat Belajar Di Lebakcyber.Net akan berjalan secara otomatis.

Secara  default, teks yang berjalan akan dimulai di kanan dan berjalan secara otomatis ke sebelah kiri, jika sudah sampai ke ujung sebelah kiri, maka teks akan kembali muncul di sebalah kanan dan berjalan ke sebelah kiri lagi

Sampai saat ini tag marquee masih didukung oleh banyak browser seperti mozilla firefox, Internet Explorer, google chrome, opera dan safari.

Selain itu kita juga bisa mengganti warna background dari teks yang berjalan secara otomatis dengan perintah marquee. Contohnya silahkan perintah berikut ini di file marqueelebakcyber.html yang sebelumnya sudah dibuat :

<marquee bgcolor=”red”> Selamat Belajar Di Lebakcyber.Net</marquee>

Sekarang coba jalankan file marqueelebakcyber.html tersebut di browser, maka tampilan backgroundnya akan berubah menjadi warna merah.

HTML Slide Marquee

Jika secara default teks yang berjalan telah sampai di ujung kanan, maka teks akan muncul kembali di sebelah kanan dan berjalan secara otomatis lagi ke sebelah kiri. Sekarang kita akan membuat teks yang berjalan tersebut berhenti jika sudah sampai di ujung sebelah kanan. Silahkan masukan perintah marquee seperti berikut ini :

<marquee behaviour=”slide” bgcolor=”red”>Selamat Belajar Di lebakcyber.net</marquee>

Jalankan kembali file marqueelebakcyber.html di browser dan lihat hasilnya, teks akan berhenti berjalan jika sudah sampai di ujung sebelah kiri dan tidak melakukan perulangan dari awal sebelah kanan lagi.

HTML Alternate Marquee

Perintah HTML Alternate Marquee ini akan membuat teks berjalan secara otomatis di html menjadi bolak balik. Jadi saat pertama muncul teks akan berjalan dari sebelah kanan ke ujung kiri, jika sudah sampai di ujung kiri maka teks akan kembali berjalan ke ujung sebelah kanan. Perintah tag marqueenya seperti berikut ini :

<marquee behavior="alternate">Selamat Belajar Di lebakcyber.net</marquee>

Tulis perintah tersebut di file marqueelebakcyber.html lalu jalankan filenya di browser. Nanti teks akan berjalan secara otomatis bolak balik dari kiri ke kanan dan kembali dari kanan ke kiri.

Itulah beberapa cara membuat tulisan berjalan (marquee) di html. Semoga tutorial ini dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai bagaimana membuat teks berjalan secara otomatis di html.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *