Saturday , March 23 2019
Home / HTML 5 / Cara Membuat Huruf Tebal di HTML 5

Cara Membuat Huruf Tebal di HTML 5

Cara Membuat Huruf Tebal di HTML 5

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi mengenai cara membuat huruf tebal di HTML 5. Didalam HTML sendiri, untuk membuat huruf tebal bisa dengan menggunakan tag <b> atau tag <strong>. Langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat huruf tebal di HTML 5 dengan menggunakan tag <b> dan juga tag <strong> tersebut.

Kalau sebelumnya kalian sempat membaca tutorial cara membuat huruf miring di HTML 5 dengan menggunakan tag <i> atau tag <em>, maka sebenarnya cara penulisan bagaimana membuat huruf tebal di HTML 5 ini tidak berbeda jauh.

Pada awal perkembangan web, pada saat itu CSS belum berkembang seperti sekarang ini, jadi diperlukan penanganan langsung oleh HTML kalau ingin membuat halaman website menjadi lebih cantik dan menarik.

Pengertian tag <b> pada HTML

Tag <b> adalah singkatan dari bold yang didalam aplikasi pemrosesan text berbarit huruf tebal. Sama seperti pada penggunaan tag <i>, penggunaan tag <b> ini sekarang sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan, karena tag yang menangani tampilan seharusnya sekarang sudah digantikan oleh CSS.

Pengertian tag <strong> pada HTML

xHTML selanjutnya menyediakan tag <strong> yang memiliki arti strong importance untuk menggantikan penggunaan dari tag <b>. Tag <strong> digunakan pada bagian tertentu yang ada didalam text yang memerlukan penekanan khusus seperti instruksi atau kalimat penting.

Berikut ini adalah contoh bagiamana cara membuat huruf tebal dengan menggunakan tag <b> dan juga tag <strong>

<!DOCKTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Belajar HTML LebakCyber</title>
</head>

<body>
<h2>Selamat belajar html di LebakCyber</h2>
<p><b>ini adalah contoh tulisan tebal dengan menggunakan tag b</b></p>
<p><strong>ini adalah contoh tulisan tebal dengan menggunakan tag strong</strong></p>
</body>

</html>

Nanti tampilan dari hasil perintah html diatas akan tampak seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Membuat Huruf Tebal di HTML 5

Pada contoh diatas bisa dilihat kalau penggunaan tag <b> dan juga tag <strong> sama-sama menghasilkan teks yang tebal, dimana biasanya penebalan dengan menggunakan tag <b> dan juga tag <strong> digunakan untuk memberikan penekanan pada kalimat atau kata yang penting.

Oke sampai disini saja dulu pembahasan kita mengenai cara membuat huruf tebal di HTML 5, semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari HTML.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *