Tuesday , March 31 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Membuat Bootable USB Windows di Ubuntu

Cara Membuat Bootable USB Windows di Ubuntu

Cara Membuat Bootable USB Windows di Ubuntu

lebakcyber.net – Cara membuat Bootable USB Windows di Ubuntu. Sebagai seorang yang bekerja di dunia IT seringkali saya harus melakukan proses instalasi ulang Sistem Operasi Windows pada komputer sendiri ataupun komputer milik rekan kerja.

Dan sebagai pengguna Linux saya harus meminjam komputer milik orang lain yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows agar bisa membuat USB bootable. Hal tersebut karena memang aplikasi yang tersedia dulu hanya ada untuk sistem operasi yang menggunakan Windows saja.

Sebenarnya bisa saja saya menggunakan komputer sendiri yang menggunakan sistem operasi linux ubuntu, namun saat itu saya sering kali mengalami kegagalan pada saat proses pembuatan bootable USB untuk sistem operasi Windows.

Advertisements

Tapi sekarang saya tidak perlu lagi meminjam komputer milik orang lain yang menggunakan sistem operasi Windows, karena sekarang sudah ada perangkat lunak yang bernama WOEUSB yang dapat digunakan pada sistem operasi Linux Ubuntu. WOEUSB sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat flashdisk menjadi perangkat USB bootable agar bisa menginstall sistem operasi Windows melalui flashdisk.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menginstall aplikasi WOEUSB di Ubuntu :

Advertisements
  • Tambahkan repository baru dengan perintah seperti berikut :
sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
  • Lakukan perintah update pada ubuntu dengan perintah seperti berikut :
sudo apt update
  • Lalu selanjutnya tinggal install aplikasi WOEUSB dengan perintah seperti berikut :
sudo apt install woeusb

Selanjutnya setelah proses instalasi aplikasi WOEUSB selesai, buka aplikasi WoeUSB tersebut. Tampilan dari aplikasinya memang cukup sederhana, kita hanya perlu menentukan sumber (source) dan tujuan atau target pada media instalasi yang akan digunakan.

Untuk sumber instalasinya sendiri dapat dipilih apakah ingin menggunakan format ISO atau DVD-Drive. Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah, kalian hanya tinggal pilih media yang diinginkan yang akan digunakan sebagai sumber dan tujuannya selanjutnya tinggal klik tombol install.

Cara Membuat Bootable USB Windows di Ubuntu

Sebagai informasi tambahann, kalau pada saat tombol install sudah di klik lalu ada pesan kesalahan untuk melakukan perintah unmount, silahkan cabut dulu media flashdisk yang digunakan.

Karena pada aplikasi WOEUSB ini mengharuskan agar flashdisk di-unmount terlebih dahulu sebelum nantinya dapat digunakan sebagai media untuk melakukan instalasi. Kalau sudah bisa, nanti akan tampil proses penggandaan file kedalam media flashdisk.

kalau proses penggandaan file tersebut sudah selesai, maka flahsdisk sudah siap digunakan sebagai media instalasi untuk melakukan instalasi sistem operasi Microsoft Windows.

jadi itulah bagaimana cara membuat USB Bootable Windows di Ubuntu berbasis grafis. Walaupun sebenarnya ada cara lain dengan menggunakan terminal, namun sepertinya dengan menggunakan aplikasi WOEUSB tersebut proses pembuatan USB bootable untuk sistem operasi Windows di Ubuntu menjadi lebih mudah. Selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *