Saturday , July 4 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Memaksimalkan Windows 10

Cara Memaksimalkan Windows 10

foto : VentureBeat

Cara Memaksimalkan Windows 10

lebakcyber.net – Cara memaksimalkan Windows 10. Sekarang ini sistem operasi Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dibuat oleh Microsoft dan menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.

Windows 10 memang dapat dikatakan jauh lebih cepat kalau dibandingkan dengan sistem oeprasi buatan Microsoft sebelumnya, namun bukan berarti PC atau laptop kalian yang menggunakan sistem operasi Windows 10 menjadi kebal terhadap kinerja yang lemot.

Dan berikut ini adalah beberapa tips cara memaksimalkan Windows 10 baik itu di perangkat desktop ataupun laptop.

Advertisements

Lakukan Restart Laptop atau PC

Kalau kalian sering menggunakan PC atau laptop selama berjam-jam, coba lakukan hal berikut ini. Pada sistem operasi Windows 10 sendiri memang akan membuat tampilan desktop masuk ke mode sleep pada saat tidak digunakan, namun semua proses yang sebelumnya dimulai masih terus berlanjut dan hal tersebut dapat terakumulasi dan menyebabkan komputer menjadi lambat.

Update Windows 10

Pihak Microsoft memang selalu mengeluarkan update untuk sistem oeprasi Windows 10 yang bertujuan untuk memperbaiki bug yang dapat memperlambat kinerja sistem.

Advertisements

Update tersebut walaupun terbilang minor namun ada juga yang mampu membawa perubahan signifikan kepada kinerja dan juga efisiensi dari sistem operasi Windows 10.

Ganti Harddisk dengan SSD

SSD atau Solid Stae Drive memang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Harddisk Drive (HDD), namun jika kalian menggunakan SSD dapat membuat proses startup atau menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat.

Karena SSD sudah menggunakan teknologi memori flash yang membuat kemampuan untuk menulis dan juga mengakses data menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan HDD.

Upgrade RAM

Dengan menambahkan kapasitas RAM dapat membuat performa dari sistem operasi Windows 10 menjadi lebih signifikan. Kalau kalian merasa laptop atau PC kalian sudah lemot, coba upgrade RAM kalian dengan ukuran yang lebih besar yang disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Matikan Aplikasi Yang Tidak Penting Saat Booting

Biasanya sistem operasi Windows 10 menjadi lambat karena ada begitu banyak program yang langsung dijalankan pada saat komputer pertama kali dijalankan.

Agar proses booting menjadi lebih cepat pada sistem operasi Windows 10, kalian dapat membatasi aplikasi apa saja yang seharusnya berjalan pada saat komputer melakukan booting.

Baca : Cara Disable Aplikasi Saat Startup di Windows 10

Gunakan Fitur Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan salah satu fitur yang dapat membantu kalian menghapus file-file yang tidak diinginkan seperti halaman web offline, file sementara dan juga file installer. Untuk mengakses fitur Disk Cleanup silahkan klik menu Start lalu ketikan Disk Cleanup.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Aplikasi yang tidak digunakan dapat memakan space pada harddisk di perangkat kalian dan dapat juga menurunkan kinerja dari sistem operasi Windows 10.

Agar dapat melihat aplikasi apa saja yang terinstall pada perangkat kalian, kalian bisa melihatnya dengan membuka menu Control Panel – Programs – Programs and Features lalu pilih aplikasi mana yang ingin kalian hapus atau uninstall.

Cek Spyware dan juga Virus

Spyware dan juga virus bukan hanya berbahaya untuk keamanan saja, namun juga dapat membuat kinerja dari perangkat kalian menjadi lambat.

Ada baiknya untuk menginstall aplikasi antivirus yang terpercaya atau menggunakan Anti Virus bawaan Windows 10 yaitu Windows Defender untuk melindungi dan melakukan pengecekan pada perangkat kalian dari program berbahaya.

Oke jadi itulah beberapa tips cara memaksimalkan Windows 10 agar dapat berjalan lebih baik dan lebih cepat, silahkan ikuti langkah diatas jika kalian merasa sistem operasi Windows 10 yang kalian gunakan sudah terasa lambat.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *