Monday , June 17 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Cara Kominfo Blokir Situs Negatif di Internet

Cara Kominfo Blokir Situs Negatif di Internet

foto : kompasiana

Cara Kominfo Blokir Situs Negatif di Internet

lebakcyber.net – Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan sistem pemblokiran untuk menjaga internet dari konten yang berbau negatif. Namun sebelum suatu situs diblokir, Kemkominfo memiliki beberapa pertimbangan terlebih dahulu, salah satunya adalah berkordinasi dengan instansi-instansi terkait.

Semuel Abrijani selaku Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) mengatakan Kemkominfo bisa langsung melakukan proses pemblokiran terhadap suatu konten di internet jika konten tersebut mengandung dua unsur yaitu pornografi dan perjudian. Namun untuk berbagai konten negatif lainnya, Kemkominfo harus melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan instansi-instansi lainnya.

Kemkominfo akan langsung memblokir suatu konten yang meresahkan masyarakat, namun mereka tidak bekerja sendiri. Ada beberapa konten yang tidak dapat langsung dilakukan pemblokiran. Misalnya jika ada terorisme, mereka harus menghubungi BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme).

Selanjutnya instansi-instansi yang dihubungi oleh Kemkominfo akan melakukan riset terlebih dahulu. Adapun untuk laporan yang tidak memerlukan konfirmasi dari instansi terkait akan diinvestigasi terlebih dahulu oleh Kemkominfo.

Semuel juga mengatakan kemkominfo akan bertindak tegas terhadap konten negatif yang ada di internet. Bahkan jika diperlukan, pemerintah tidak segan segan untuk melakukan take down terhadap konten tersebut.

Kalau dirasa melanggar hukum, maka Kemkominfo akan mengambil langkah hukum untuk mengatasinya seperti pada kasus saracen dan pedofilia. Di Indonesia sendiri memang sudah diterapkan metode pemblokiran terhadap suatu konten. Namun Kemkominfo juga tidak segan untuk melakukan take down atau mematikan situs yang bermuatan negatif.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *