Thursday , May 13 2021
Home » Linux » Cara Install WPS Office di Ubuntu

Cara Install WPS Office di Ubuntu

Cara Install WPS Office di Ubuntu

lebakcyber.net – Cara install WPS Office di Ubuntu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan instalasi WPS Office pada sistem operasi Ubuntu, WPS sendiri merupakan singkatan dari Writer, Presentation dan Spreadsheets.

WPA Office dikembankan oleh Kingsoft Office yang merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari China. WPS Office sendiri sebenarnya merupakan premium office suite, namun WPS Office juga tersedia secara gratis untuk penggunaan secara personal, selain itu WPS Office juga merupaka software cross platform yang dapat digunakan pada sistem operasi Linux, Windows, macOS dan juga Android.

Langkah Instalasi WPS Office

Oke sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai bagaimana langkah-langkah untuk mulai melakukan instalasi aplikasi WPS Office edisi Linux pada sistem operasi Ubuntu ataupun turunannya. Jadi silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini ya :

Advertisements
  • Download WPS Office Edisi Linux

Untuk mendownload WPS Office edisi linux, silahkan teman-teman berkunjung ke halaman https://linux.wps.com nanti akan tampil dimana teman-teman dapat memilih dua versi paket linux, yaitu Deb dan RPM.

Cara Install WPS Office di Ubuntu
Cara Install WPS Office di Ubuntu

Deb sendiri diperuntukan bagi sistem operasi yang berbasis Debian seperti Ubuntu, sedangkan untuk RPM diperuntukan bagi sistem operasi seperti Redhat, Centos dan lain sebagainya. Karena kita menggunakan sistem operasi Ubuntu maka kita download yang versi Deb.

Advertisements
  • Buka Terminal

Sekarang kita sudah memiliki file installer Deb WPS Office untuk Linux, dan sekarang berarti kita hanya tinggal melakukan proses instalasinya melalui terminal, silahkan buka terminal dengan menggunakan perintah CTRL+ALT+T.

Biasanya file installer WPS Office yang kita download berada didalam folder Downloads, jadi di terminal kita harus masuk terlebih dahulu kedalam folder Downloads tersebut dengan menggunakan perintah :

cd Downloads

Selanjutnya kita lihat ada file apa saja didalam folder Downloads tersebut dengan menggunakan perintah :

ls

Nanti teman-teman bisa melihat file installer WPS Office beserta dengan versinya, lalu tinggal masukan perintah sudo dpkg -i disertai dengan nama  dari file installer WPS Office versi debian tersebut, misalnya versi yang saya download adalah WPS Office wps-office_11.1.0.9126.XA_amd64.deb, maka perintah instalasinya adalah seperti berikut ini :

sudo dpkg -i wps-office_11.1.0.9126.XA_amd64.deb

Selanjutnya klik enter, dan nanti output instalasinya dari perintah awal sampai proses instalasi  selesai akan seperti dibawah ini :

lebakcyber@lebakcyber:~$ cd Downloads
lebakcyber@lebakcyber:~/Downloads$ ls
WPS-office_11.1.0.9126.XA_amd64.deb
lebakcyber@lebakcyber:~/Downloads$ sudo dpkg -i wps-office_11.1.0.9126.XA_amd64.deb
[sudo] password for lebakcyber:
Selecting previously unselected package wps-office.
(Reading database ... 126839 files and directories currently installed.)
Preparing to unpack wps-office_11.1.0.9126.XA_amd64.deb ...
Unpacking wps-office (11.1.0.9126.XA) ...
Setting up wps-office (11.1.0.9126.XA) ...
Processing triggers for gnome-menus (3.36.0-1ubuntu1) ...
Processing triggers for desktop-file-utils (0.24-1ubuntu2) ...
Processing triggers for mime-support (3.64ubuntu1) ...
Processing triggers for fontconfig (2.13.1-2ubuntu2) ...
Processing triggers for hicolor-icon-theme (0.17-2) ...
Processing triggers for shared-mime-info (1.15-1) ...
lebakcyber@lebakcyber:~/Downloads$

Oke sekarang aplikasi WPS Office sudah bisa digunakan dan tampilannya pada saat dibuka akan seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Install WPS Office di Ubuntu
Cara Install WPS Office di Ubuntu
  • Uninstall Aplikasi WPS Office di Ubuntu

Jika teman-teman kurang nyaman menggunakan WPS Office, teman-teman bisa uninstall aplikasi WPS Office di sistem operasi Ubuntu tersebut dengan menggunakan perintah seperti dibawah ini :

sudo dpkg -r wps-office

Oke jadi itulah bagaimana cara untuk melakukan proses instalasi WPS Office pada sistem operasi Linux Ubuntu, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua dan sampai jumpa di tutorial Linux lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *