Tuesday , November 12 2019
Home / PostgreSQL / Tutorial Belajar PostgreSQL : Cara Install PostgreSQL
Cara Install PostgreSQL

Tutorial Belajar PostgreSQL : Cara Install PostgreSQL

Cara Install PostgreSQL

Cara Install PostgreSQL – Mungkin kamu belum begitu familiar dengan postgresql, karena selama ini kamu terbiasa menggunakan MySQL atau basis data lain sebagai database dari projek atau sistem yang kamu buat.

Sama halnya seperti MySQL, PostgreSQL merupakan salah satu software database yang bersifat open source, artinya software postgresql ini dapat kamu gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi agar dapat menggunakannya.

Walaupun bersifat gratis, namun kehandalan postgresql sebagai Database Management System (DBMS) tidak bisa dianggap sebelah mata. Sudah banyak aplikasi atau website website besar menggunakan postgresql sebagai databasenya.

Advertisements

Pada materi pertama mengenai postgresql ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara install postgresql di komputer.

Cara Install PostgreSQL

  • Silahkan kunjungi website postgresql melalui link https://www.postgresql.org/download/ untuk mendownload file instalasi postgresql, nanti di link tersebut terdapat pilihan sistem operasi yang kamu gunakan dan download file instalasi postgresql sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Cara Install PostgreSQL

  • Setelah file instalasi postgresql berhasil didownload, silahkan lakukan proses instalasi pada file installer postgresql tersebut (Pada saat tulisan ini dibuat, versi postgresql yang digunakan adalah postgresql 9.6.2).
  • Saat tampilan instalasi muncul, silahkan langsung klik saja tombol next yang ada dikanan bawah

Cara Install PostgreSQL

  • Pilih direktori dimana kamu akan menyimpan hasil instalasi postgresql, sebaiknya gunakan saja direktori default seperti pada gambar berikut :

Cara Install PostgreSQL

  • Selanjutnya pilih juga direktori dimana kamu akan menyimpan data dari database postgresql. Jika sudah, jangan lupa tekan kembali tombol next.

Cara Install PostgreSQL

  • Masukan password yang akan kamu gunakan untuk mengakses database di postgresql

  • Masukan port yang akan digunakan oleh postgresql, saran saya sebaiknya gunakan port default dari postgresql saja seperti gambar berikut :

  • Setelah itu software postgre sql sudah siap untuk di install, klik tombol next untuk melakukan proses instalasinya :

Cara Install PostgreSQL

Oke sampai disini proses instalasi postgresql sudah selesai. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan database postgresql sebagai database dari sistem atau aplikasi yang sedang kamu buat.

Jangan lupa untuk terus mengunjungi lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar database postgresql lainnya. Selamat belajar.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Teknologi Canggih Masa Depan

Teknologi Canggih Masa Depan

Teknologi Canggih Masa Depan lebakcyber.net – Teknologi canggih masa depan. Seperti yang diketahui, dengan semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *