Saturday , May 18 2024
Cara Install Pip di Debian

Cara Install PIP di Debian

Cara Install PIP di Debian

lebakcyber.net – Cara Install PIP di Debian. PIP merupakan tool yang biasa digunakan untuk melakukan proses instalasi paket pada Python. Dengan menggunakan pip, kita dapat melakukan pencarian, download dan melakukan instalasi paket dari Python Package Index (PyPI) dan juga indeks paket lainnya.

Pada tutorial ini kita akan mempelajari bagaimana cara menginstall pip untuk Python 3 yaitu pip3 pada Debian 11 dan Debian 12 dengan menggunakan paket manager APT. Selain iitu juga kita akan mempelajari cara menginstall dan mengatur paket Python dengan menggunakan PIP.

Menginstall PIP di Debian

Pip untuk Python 3 sudah masuk kedalam repositori Debian default, jadi cara instalasinya juga akan sangat mudah.

Silahkan teman-teman ketikan perintah dibawah ini satu persatu untuk menginstall pip beserta dengan dependenciesnya:

sudo apt update
sudo apt install python3-pip

Untuk memastikan kalau pip sudah terinstall dengan benar pada sistem operasi berbasiskan Debian, teman-teman bisa melakukan pengecekan dengan mengetikan perintah:

pip3 --version

Versi nomor mungkin akan berbeda dengan yang teman-teman miliki, dibawah ini adalah versi pip3 yang terinstall di sistem operasi Ubuntu yang saya gunakan:

pip 23.0.1 from /usr/lib/python3/dist-packages/pip (python 3.11)

Menggunakan Pip

Dengan menggunakan pip, kita bisa menginstall paket dari PyPI dan juga sumber lainnya, mengatur versi paket, melakukan update paket dan juga menghapus paket yang sudah terinstall.

Modul Python dapat diinstall secara global yang artinya bisa di akses oleh semua user dan project atau berbdasarkan basis project Python yang sedang dibuat.

Pip biasa digunakan didalam environment virtual. Python Virtual Environment mengijinkan kita untuk menginstall modul Python untuk project spesifik dibandingkan dengan menginstallnya secara global. Hal tersebut akan menghindari isu masalah yang disebabkan oleh dependencies dan librari yang di share.

Untuk menampilkan daftar dari perintah pip, kita bisa gunakan perintah:

pip3 --help

Menginstall Paket Menggunakan Pip

Fungsi dasar dari tool pip adalah menginstall sebuah paket. Untuk menginstall versi terbaru dari suatu paket, kita bisa menggunakan perintah dibawah ini:

pip3 install <nama_paket>

Misalnya kita ingin menginstall library tensorflow. Maka perintah yang dimasukan adalah:

pip3 install tensorflow

Selain itu kita juga bisa menginstall paket dengan versi yang spesifik dengan menambahkan perintah == diikuti dengan versi paketnya, misalnya kita ingin menginstall tensorflow dengan versi 2.13.0, maka perintah yang dimasukan adalah:

pip3 install tensorflow==2.13.0

Upgrade Paket Menggunakan Pip

Untuk melakukan proses upgrade pada paket yang sudah terinstall ke versi terbaru, kita bisa menggunakan sintaks pip3 install –upgrade nama_paket, misalnya kita ingin mengupgrade versi dari tensorflow, mak perintah yang dimasukan seperti dibawah ini :

pip3 install --upgrade tensorflow

Uninstall Paket Menggunakan Pip

Untuk melakukan proses uninstall paket menggunakan pip kita bisa menggunakan sintaks pip3 uninstall nama_paket, misalnya kita ingin menguninstall aplikasi tensorflow yang sebelumnya sudah diinstall, maka kita bisa memasukan perintahnya seperti dibawah ini:

pip3 uninstall tensorflow

Kesimpulan

Jadi sekarang kita sudah mempelajari mengenai proses instalasi dan juga penggunan tool pip di Debian serta bagaimana cara untuk melakukan proses pengaturan paket Python menggunakan pip. Atau teman-teman bisa mengunjungi halaman pip user guide untuk informasi yang lebih lengkap. Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *