Wednesday , January 20 2021
Home » Linux » Cara Install Microsoft Office di Ubuntu 20.10

Cara Install Microsoft Office di Ubuntu 20.10

Foto : Fossbytes

Cara Install Microsoft Office di Ubuntu 20.10

lebakcyber.net – Cara install Microsoft Office di Ubuntu 20.10. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara untuk melakukan proses instalasi Microsoft Office pada sistem operasi Linux Ubuntu. Jadi nanti kita bisa menjalankan aplikasi Microsoft Office yang berjalan pada sistem operasi Windows melalui sistem operasi Linux Ubuntu 20.10.

Biasanya bagi para pengguna sistem operasi Linux, menginstall aplikasi Microsoft Office pada sistem operasi Ubuntunya untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan, karena di Indonesia sekarang ini rata-rata masih menggunakan sistem operasi Windows.

Sebenarnya pada sistem operasi Linux sendiri sudah banyak aplikasi Office yang dapat digunakan secara gratis, contohnya seperti Open Office. Org atau Libre Office, namun masalahnya terkadang file Microsoft Office yang dibuka dengan menggunakan aplikasi office yang disediakan untuk Linux tersebut hasilnya menjadi acak-acakan.

Advertisements

Untuk melakukan proses instalasi Microsoft Office di sistem operasi Linux Ubuntu ataupun Linux Mint caranya sebenarnya sangat mudah, karena sebenarnya kita hanya membutuhkan sebuah emulator yang dapat menjalankan aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Windows, dan salah satunya adalah Microsoft Office.

Agar dapat menjalankan Microsoft Office pada sistem operasi Ubuntu 20.10, silahkan buka console atau terminal lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

Advertisements
sudo apt-get update
sudo apt-get install playonlinux

Selanjutnya setelah aplikasi playonlinux tersebut berhasil diinstall, sekarang kita sudah bisa menginstall Microsoft Office di Linux. Kita juga bisa memilih versi Microsoft Office yang ingin diinstall, seperti office 2007, office 2010, office 2013, office 2016 atau office yang paling baru yaitu Microsoft Office 2019.

Untuk melakukan proses instalasinya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi PlayOnLinux lalu pilih menu install.

Cara Install Microsoft Office di Ubuntu

  • Lalu pilih menu Office dan cari Microsoft Office sesuai dengan versi yang kalian inginkan, pada contoh ini saya memilih Microsoft Office 2016.

Cara Install Microsoft Office di Ubuntu

  • Selanjutnya klik tombol install
  • Pada menu Please choose an installation method, silahkan pilih Use a setup file in my Computer lalu klik tombol Next.
  • Browse ke folder dimana kalian menyimpan file instalasi officenya, biasanya dengan format .exe.
  • Tunggu sampai proses instalasi Office selesai.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, sekarang kita sudah bisa menjalankan aplikasi Microsoft Office pada sistem operasi Linux Ubuntu.

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara untuk menjalankan aplikasi Office pada sistem operasi Ubuntu 20.10, semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tutorial-tutorial lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *