Thursday , May 13 2021
Home » Linux » Cara Install Font Microsoft di Ubuntu

Cara Install Font Microsoft di Ubuntu

Cara Install Font Microsoft di Ubuntu

lebakcyber.net – Cara install font Microsoft di Ubuntu. Bagi teman-teman yang menggunakan sistem operasi Linux, biasanya pada saat membuat dokumen Microsoft di aplikasi WPS Office atau LibreOffce, teman-teman pasti bisa menyadari kalau tampilannya menjadi sedikit berbeda, misalnya seperti jenis font yang berbeda pada saat file tersebut dibuka.

Tapi tenang saja, karena pada kesempatan ini kita akan membahas cara bagaimana untuk menginstall font Microsoft di Ubuntu ataupun di sistem operasi turunan ubuntu lainnya.

Hal tersebut memang karena secara default, font Microsoft tersebut belum terinstall pada sistem operasi Ubuntu ataupun sistem operasi turunan lainnya dari Ubuntu.

Advertisements

Mengapa Font Microsoft Tidak Terinstall Secara Default?

Font Microsoft memang tidak secara default terinstall di sistem operasi Linux seperti Ubuntu, karena font Microsoft tersebut dimiliki dan dibuat oleh perusahaan Microsoft dan font tersebut tidak memiliki sifat open source.

Advertisements

Banyak distribusi Linux yang memang tidak memasukan proprietary software atau software yang berlisensi secara default untuk menghindari lisensi.

Itulah mengapa distribusi Linux dan juga Linux Ubuntu menggunakan font yang bersifat open source bernama Liberation Fonts untuk bisa menggantikan font milik Microsoft.

Liberation Fonts sendiri dibuat oleh Red Hat untuk menggantikan font seperti Times New Roman, Arial, Arial Narrow dan Courier New.

Jadi setelah kalian menginstall Liberation Font di sistem operasi Linux yang kalian gunakan, saat dokumen office seperti Microsoft Word dibuka tampilannya tidak akan jauh berbeda.

Kabar baiknya, teman-teman tetap bisa menginstall Font Microsoft pada sistem operasi Ubuntu ataupun turunannya ataupun pada sistem operasi Linux lainnya dengan sangat mudah.

Langkah Instalasi Font Microsoft di Ubuntu

Oke sekarang kita masuk ke pembahasan bagaimana cara untuk melakukan proses instalasi Font Microsoft pada sistem operasi linux Ubuntu ataupun turunnya yang teman-teman gunakan, ikuti langkahkah dibawah ini ya.

  • Buka Terminal lalu masukan perintah untuk menambahkan repository multiverse seperti dibawah ini :
sudo add-apt-repository multiverse
  • Selanjutnya update repository ubuntu dan lakukan instalasi font Microsoft seperti perintah dibawah ini :
sudo apt update && sudo apt install ttf-mscorefonts-installer
  • Setelah selesai nanti akan muncul window Package Configuration, klik tombol Tab, pilih Ok lalu klik tombol Enter, tampilannya seperti gambar dibawah ini :
Cara Install Font Microsoft di Ubuntu
Cara Install Font Microsoft di Ubuntu
  • Nanti akan muncul juga window Microsoft agreement, silahkan teman-teman pilih Yes dan tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi.
  • Setelah proses instalasi selesai, silahkan masukan perintah dibawah ini didalam terminal untuk mengupdate cache font dengan menggunakan perintah dibawah ini :
sudo fc-cache -f -v

Oke sekarang font Microsoft sudah bisa kalian gunakan baik itu pada WPS Office ataupun Libre Office agar tampilan pada saat kalian membuka dokumen yang dibuat di Microsoft Word tidak jauh berbeda dengan file aslinya.

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat dan jangan lupa di tutorial dan juga tips dan trik mengenai Linux lainnya, sampai jumpa.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *