Thursday , December 20 2018
Home / Android / Cara Hapus Program Jahat di Android

Cara Hapus Program Jahat di Android

foto : bgr.com

Cara Hapus Program Jahat di Android

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips mengenai bagaimana cara hapus program jahat di Android. Dengan semakin banyaknya pengguna Android yang terus meningkat membuat resiko keamanan dari sistem operasi Android juga semakin tinggi. Tidak sedikit cracker jahil yang coba menyusupkan file jahat kedalam aplikasi untuk mengeksploitasi perangkat milik pengguna.

Salah satu program berbahaya yang sering digunakan untuk disusupi file jahat untuk menguliti perangkat Android adalah Malicious Software (malware). Sesuai dengan namanya, Malicious Software adalah perangkat lunak jahat yang diciptakan untuk menyusup kedalam sistem operasi dan kemudian merusak sistem dari dalam.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan melakukan cara khusus agar perangkat yang sudah terlanjur terkena malware dapat dihapus dan dibersihkan didalam sistem operasi Android.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus malware secara tuntas pada perangkat Android.

Matikan Perangkat Android Yang Sudah Terinfeksi

Kalau Anda sudah yakin kalau perangkat Android yang Anda gunakan terkena malware, sebaiknya matikan dahulu perangkat Android Anda tersebut. Dengan demikian maka pergerakan malware akan terhambat.

Selama perangkat mati, Anda harus mengingat aplikasi apa saja yang baru Anda install dan dicurigai mengandung malware. Biasanya aplikasi yang tidak berasal dari Google Play sangat rentan terhadap malware.

Masuk kedalam Moda Aman (Safe Mode)

Beberapa perangkat Android menyediakan mode aman yang bisa diakses saat ponsel akan dimatikan. Biasanya pilihan mode aman akan muncul ketika tombol power ditekan beberapa saat.

Melalui mode aman tersebut perangkat akan membatasi koneksi yang ada sehingga pergerakan malware juga akan terbatas. Kalau perangkat yang Anda miliki belum memiliki mode ini, maka cara paling praktis yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan airplane mode.

Cari Aplikasi yang Membawa Malware

Setelah berhasil masuk kedalam mode aman atau mode air plane sudah diaktifkan, Anda harus segera mencari aplikasi yang terindikasi membawa malware tersebut. Caranya dengan masuk kedalam menu setting lalu cari pilihan Apps.

Di menu Apps tersebut nantinya Anda bisa menemukan aplikasi apa saja yang terinstal didalam smartphone Android Anda. Kalau Anda melihat adanya aplikasi yang tidak Anda kenal atau Anda curigai merupakan aplikasi yang membawa malware didalam menu Apps, maka segeralah menghapus aplikasi tersebut.

Itulah bagaiman cara hapus program jahat di Andorid. kalau cara diatas masih dirasa belum ampuh mengatas masalah malware di Android Anda, maka tidak ada salahnya untuk menginstal Antivirus kedalam smartphone Android Anda.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *