Monday , November 20 2017
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Cek File dari Virus Sebelum di Download

Cara Cek File dari Virus Sebelum di Download

foto : VirusTotal

Cara Cek File dari Virus Sebelum di Download

lebakcyber.net – Kalau kamu sering mendownload aplikasi, film, lagu atau file apapun di internet sebaiknya lebih berhati-hati lagi agar terhindar dari aplikasi berbahaya. Dan pada tips kali ini lebakcyber akan sharing cara cek file dari virus sebelum di download agar kamu tidak menjadi korban dari serangan malware ataupun berbagai jenis virus lainnya yang bisa merusak perangkat komputer kamu.

Mendownload suatu file dari sumber yang tidak jelas bisa berbahaya dan seringkali menjadi satu hal ceroboh yang sering dilakukan oleh para pengguna internet. Dengan menawarkan file yang sangat kamu inginkan namun sulit untuk ditemukan, seringkali kamu terpancing untuk langsung mendownload begitu kamu menemukan file yang diinginkan di suatu situs tertentu tanpa melakukan cek dan memeriksa keamanannya terlebih dahulu.

Scan Virus Dengan VirusTotal

Saat kamu berinternet dan menemukan sebuah website yang banyak berisi lagu dan juga film atau apapun konten yang menarik perhatian kamu. Pasti kamu gak bakalan melewatkan kesempatan begitu saja bukan tanpa mendownload file atau aplikasi yang menarik perhatian kamu. Tapi sebaiknya kamu cek dulu apakah file yang akan kamu download tersebut aman atau tidak dari program berbahaya.

Salah satu cara untuk menscan aplikasi atau file berbahaya secara online sebelum kamu mendowloadnya adalah dengan menggunakan fitur yang ada di website virustotal.com. Setelah kalian membuka website VirusTotal selanjutnya kalian hanya perlu memilih opsi URL dan memasukan link dari file yang ingin kalian download dan menekan icon scan untuk memulai proses pengecekan seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Cek File dari Virus Sebelum di Download
foto : virustotal.com

Selanjutnya virustotal akan mulai melakukan proses pengecekan dan keamanan dari file yang akan kamu download tersebut, apakah file yang akan kamu download mengandung program berbahaya atau benar-benar bersih dari virus. Jika file yang akan kalian download aman dari virus dan program berbahaya lainnya, maka tampilannya akan seperti pada gambar diatas.

Namun jika file yang akan kamu download ternyata mengandung program berbahaya, maka VirusTotal akan langsung menunjukan data dan informasi berupa jenis virus dan jumlah virus yang ada didalam file yang akan kamu download tersebut. Jika file yang ingin kamu download mengandung program berbahaya sebaiknya kalian jangan mendownload file tersebut ya.

Oke jadi seperti itulah cara cek file dari virus sebelum di download. Sebaiknya kamu selalu melakukan pengecekan secara online file yang akan kamu download sebelum kamu benar-benar yakin file tersebut bersih dari virus daripada komputer atau perangkat elektronik yang kamu miliki terkena imbasnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *