Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Aman Work From Home ala Google

Cara Aman Work From Home ala Google

foto : pixabay

Cara Aman Work From Home ala Google

lebakcyber.net – Cara aman Work From Home ala Google. Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, makin banyak orang yang melakukan aktivitasnya dari dalam rumah atau work from home (WFH). Oleh karena itu, mereka harus bisa mengandalkan beberapa aplikasi dan juga alat komunikasi agar bisa tetap bekerja.

Google juga mendapati banyak platform digital yang penggunaannya meningkat saat diberlakukannya work from home bisa memunculkan beberapa resiko baru mengenai keamanan online.

Dihadapkan dengan berbagai resiko keamanan saat online tersebut, pihak Google sudah membangun sebuah sistem proteksi keamanan pada berbagai aplikasi dan juga produk mereka yang otomatis menghentikan dan juga mengidentifikasi ancaman lebih dini.

Advertisements

Hanya dalam waktu beberapa minggu, Google sudah berhasil mendeteksi lebih dari 18 juta aksi phising dan juga malware mengenai Covid-19, selain itu ada lebih dari 240 juta spam serta pesan SMS mengenai virus corona yang bermunculan.

Mark Risher selaku Senior Director for Account Secutiry, Identity and Abuse, Google, pada video konferensinya mengatakan bahwa model machine learning yang Google miliki sudah memblokir dan mendeteksi lebih dari 99,9 persen span, malware dan juga phising.

Advertisements

Sementara untuk lapisan pengaman lainnya akan memberikan peringatan kepada para pengguna kalau mau masuk kedalam situs yang mencurigakan, melakukan pemindaian pada aplikasi di Google Play sebelum di download oleh pengguna dan lain sebagainya.

Pihak Google juga sudah membagikan beberapa tips mengenai bagaimana cara agar bisa lebih aman dan juga bisa terhindar dari berbagai ancaman cyber saat melakukan work from home.

Tips Dari Google Saat WFH

Bagi para pekerja yang sedang bekerja dari rumah atau work from home, para karyawan tersebut dapat beresiko membahayakan bisnis pada perusahaannya kalau menggunakan akun atau perangkat pribadi saat bekerja.

Perusahaan biasanya menawarkan fitur-fitur keamanan tambahan yang dapat membuat informasi perusahaan menjadi tetap aman. Kalau masih merasa khawatir, para karyawan tersebut bisa menghubungi staff IT pada perusahaannya agar dapat memastikan bahwa fitur-fitur keamanan yang tepat sudah diaktifkan.

Selain itu sekarang ini platform untuk video conference dan juga video call memang menjadi sorotan dan menjadi paltform yang paling sering digunakan, dan beberapa platform tersebut kebanyakan masih memiliki sistem keamanan yang sangat rentan.

Mark dalam diskusinya dengan media mengungkapkan bagaimana kontrol dan juga fitur keamanan bawaan yang ada pada Google Meet sudah secara otomatis diaktifkan saat digunakan. Tidak seperti layanan sejenis, layanan Google Meets untuk perusahaan atau organisasi serta pengguna bisa secara langsung terlindungi.

Kalau ingin menggunakan aplikasi konferensi video lainnya, sebaiknya para pengguna menggunakan kode numerik singkat dan juga mengaktifkan fitur sandi atau PIN pada saat sesi meeting berlangsung.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Google Duo hadir dalam versi web

Google Duo Hadir Dalam Versi Web

Google Duo Hadir Dalam Versi Web lebakcyber.net – Google Duo hadir dalam versi web. Ditengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *