Wednesday , September 22 2021
Home » Linux » Cara Akses MySQL Secara Remote di Ubuntu 20.04

Cara Akses MySQL Secara Remote di Ubuntu 20.04

Cara Akses MySQL Secara Remote di Ubuntu 20.04

lebakcyber.net – Cara akses MySQL secara remote di Ubuntu 20.04. Oke jadi pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk melakukan setting pada MySQL yang ada pada sistem operasi Ubuntu agar MySQL server kita bisa di remote dan diakses dimana saja kita berada ataupun dihubungkan dengan DBMS dari pihak ketiga.

Mengapa kita perlu melakukan settingan agar MySQL server kita bisa kita remote dan kita akses dimana saja? tentu saja hal tersebut agar dapat membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah pada saat kita sedang tidak berada di ruang server dan bisa kita akses dimana saja kita berada.

Caranya sangat mudah untuk melakukan settingan agar MySQL server yang kita miliki bisa diakses dimana saja, jadi langsung saja kita masuk ke langkah-langkahnya ya.

Advertisements

Mengganti bind-address

Yang pertama harus dilakukan adalah mengganti bind-address menjadi 0.0.0.0 dengan cara :

sudo nano /etc/mysql/mysql.conf.d/mysqld.cnf

Ubah menjadi seperti ini :

Advertisements
# Instead of skip-networking the default is now to listen only on
# localhost which is more compatible and is not less secure.
bind-address = 0.0.0.0

Membuat User Baru di MySQL

Selanjutnya adalah dengan cara membuat sebuah akun baru di server MySQL. Pada contoh ini saya membuat user baru dengan nama lebakcyber, jadi silahkan masuk terlebih dahulu ke mysql server teman-teman lalu masukan perintah dibawah ini :

use mysql;
CREATE USER 'lebakcyber'@'localhost' IDENTIFIED BY 'Password';

Dibagian ‘Password’ silahkan teman-teman masukan Password yang ingin digunakan untuk login ke server MySQL, usahakan agar password yang dibuat memiliki kerumitan yang tinggi seperti menggunakan kombinasi huruf besar, karakter khusus dan juga angka.

Dan di bagian ‘localhost’, seandainya teman-teman ingin mengaksesnya dari rumah, ganti localhost menjadi ip public yang teman-teman gunakan.

Memberikan Hak Akses Pada User Baru

Selanjutnya memberikan hak akses penuh pada user lebakcyber yang sudah kita buat sebelumnya dengan menggunakan perintah :

GRANT ALL ON *.* TO 'lebakcyber'@'localhost';

Lalu masukan perintah :

FLUSH PRIVILEGES;

Oke sampai disini kita sudah berhasil melakukan setting pada MySQL server agar bisa di remote oleh user lebakcyber. Dan berikut ini adalah tampilannya pada saat saya mengaksesnya melalui aplikasi DBeaver.

Cara Akses MySQL Secara Remote di Ubuntu 20.04

Mengatasi Masalah Public Key Retrieval is not allowed di DBeaver

Kalau teman-teman mengalami kendala error “Public Key Retrieval is not allowed” pada saat mencoba akses mysql server melalui DBeaver, silahkan masuk ke menu Connection Setting lalu pilih SSL.

Selanjutnya uncheck pilihan “verify server certificate” lalu check pilihan “Allow Public Key Retrival” seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Akses MySQL Secara Remote di Ubuntu 20.04

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara agar kita bisa melakukan remote pada MySQL Server yang terpasang di sistem operasi Ubuntu agar kita bisa mengaksesnya dimana saja.

Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net, sampai jumpa di tutorial dan juga tips dan trik mengenai dunia teknologi lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *