Sunday , August 9 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Cara Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan Siber

Cara Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan Siber

foto : Getty

Cara Agar Tidak Jadi Korban Kejahatan Siber

lebakcyber.net – Cara agar tidak jadi korban kejahatan siber. Para penjahat siber sepertinya tidak pernah kehabisan akal dalam urusan menjerat para korbannya. Mereka juga sering menggunakan berbagai cara sebagai alat untuk melakukan kejahatan siber yang biasa mereka lakukan.

Dony Koesmandarin, selaku Territory Channel SEA Kaspersky Lab untuk Indonesia memberikan tips agar terhindar dan menjadi korban dari kejahatan siber. Dan berikut ini adalah tips yang diberikannya.

1. Memberikan ilmu pengetahuan mengenai ancaman intelijen terbaru pada tim TI (Teknologi Informasi) baik itu di perusahaan ataupun pemerintahan.

Advertisements

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai ancaman strategi, teknik dan alat yang digunakan oleh para pelaku kejahatan siber.

Dalam keterangannya, Donny mengatakan kalau Tim IT seharusnya diberikan pengetahuan mengenai ancaman intelijen terbaru. Ancaman intelijen tersebut termasuk mengenai data-data dan juga keamanannya.

Advertisements

2. Melakukan pendeteksian pada level endpoint, remediasi dan juga investigasi pada insiden penyerangan yang terjadi secara tepat waktu. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Kaspersky Endpoint Detection and Response.

3. Terapkan juga mengenai solusi dari keamanan pada tingkat korporat yang dapat mendeteksi adanya ancaman yang masuk pada tingkat jaringan tahap awal. Salah satu fitur yang dapat digunakan adalah Kaspersky Anti Targeted Attack Platform.

Ancaman Siber di Asia Tenggara Meningkat

Perusahan keamanan seperti Kaspersky mengatakan kalau adanya peningkatan aktivitas kelompok kelompok Advanced Persisent Threats (APT) di Asia Tenggara pada tahun 2019 lalu. Mereka melakukan kegiatan cyberspionage atau dikenal juga dengan mata-mata siber yang canggih.

Selanjutnya Dony juga menambahkan kalau tahun 2019 merupakan tahun tersibuk para penjahat siber dalam melakukan serangannya. Karena mereka membuat sebuah teknik agar dapat menyerang targetnya secara spesifik.

APT sendiri merupakan sebuah metode serangan komplek yang terdiri dari berbagai komponen yang berbeda, termasuk tools untuk melakukan penetrasi seperti penyebaran eksploit dan phising.

Jadi ada baiknya agar perangkat kalian baik itu Laptop atau PC dilengkapi dengan Antivirus yang selalu up to date agar dapat meminimalisir serangan dan menjadi korban dari serangan para penjahat siber.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *