Thursday , December 20 2018
Home / Android / Butuhkah Kita RAM Management Di Android

Butuhkah Kita RAM Management Di Android

gambar : androidpit.com

Butuhkah Kita RAM Management Di Android

lebakcyber.net – “Memori penuh” adalah pemberitahuan yang cukup mengganggu saat tampil di android kamu. Beberapa orang bahkan menginstal pembunuh aplikasi atau aplikasi manajemen RAM hanya untuk menciptakan ruang memory agar lebih besar. Jadi butuhkah kita RAM Management di Android. Apakah pengelolaan RAM manual untuk Android benar-benar dapat memaksimalkan penggunaan RAM di Android?

Apa Itu RAM

Di smartphone, seperti di komputer manapun, ada beberapa jenis memori. Setiap memory memiliki kecepatan yang bervariasi, harga yang  berbeda dan cara beroperasi juga berbeda satu dengan lainnya. Memori internal Anda misalnya, sebuah media atau tempat aplikasi, data aplikasi, foto dan video anda disimpan.

Sedangkan RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah media penyimpanan sementara yang hanya digunakan untuk menyimpan data sistem beberapa saat saja. Misalnya saat kamu membuka sebuah aplikasi di android, maka penyimpanan data sementara dari aplikasi tersebut agar dapat berjalan disimpan di RAM. Jika aplikasi kamu matikan, mata data yang tersimpan di RAM ikut terhapus.

Jangan Panik Saat Ram Di Androidmu Penuh

Setelah beberapa saat, memori internal Anda terisi dengan aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Kemudian perlu dibersihkan sebagian agar aplikasi baru dapat berjalan. Sistem Android Anda melakukan ini secara otomatis jadi Anda tidak perlu melakukan apapun.

Ide bahwa RAM di dalam Android perlu dibersihkan secara manual adalah kesalahpahaman. jika kamu membuka banyak aplikasi, pasti memakan sumber daya RAM yang sangat banyak, dan jika kamu buka aplikasi baru pasti akan terasa berat saat dibuka, hal ini juga dapat membuat baterai kamu cepat habis dan android menjadi panas.

Namun sebenarnya Android sudah memiliki fitur untuk membersihkan atau menghapus data yang ada didalam RAM secara otomatis jika aplikasi yang sedang kamu buka dimatikan. Android akan secara otomatis membersihkan sisa data yang tersimpan didalam RAM tersebut karena aplikasi sudah tidak digunakan lagi.

Jadi Butuh gak Nih Aplikasi Untuk Management RAM Di Android?

Intinya kamu tidak perlu melakukan proses penghapusan atau pembersihan ruan di RAM agar ruang memory di RAM menjadi lebih kosong karena Android sudah dapat melakukannya secara ototmatis. Tapi kamu masih bisa ko menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan ruang memory secara manual, namun aplikasi itu juga pasti akan memakan memory dan daya yang lumayan tinggi saat digunakan sehingga dapat membuat baterai kamu cepat habis.

Kesimpulannya semua balik lagi ke kamu, apakah tetap mau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan RAM walaupun sebenarnya Android sudah mampu membersihkan RAM secara otomatis tanpa harus kamu lakukan secara manual.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *