Monday , October 14 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Browser Untuk Headset AR dan VR dari Mozilla

Browser Untuk Headset AR dan VR dari Mozilla

foto : Mozilla

Browser Untuk Headset AR dan VR dari Mozilla

lebakcyber.net – Browser untuk headset AR dan VR dari Mozilla akan tersedia dalam waktu dekat, hal tersebut diumumkan langsung oleh pihak Mozilla yang mengumumkan sebuah browser web khusus bernama Firefox Reality. Browser web ini didesain khusus untuk pengalaman Virtual Reality (VR) dan juga Augmented Reality (AR).

Dikutip dari halaman Softpedia, Firefox Reality menyuguhkan para pengguna komputer dengan akses tidak terbatas kepada teknologi berkembang dan baru, termarus didalamnya adalah AR dan VR, baik itu untuk platform Windows, Mac dan juga Linux. Pihak Mozilla sendiri sudah merilis versi demo dari Firefox Reality yang menggunakan Headset HTC Vive Focus.

Mozilla sendiri mengembangkan browser tersebut untuk mixed reality (MR) yang kadang disebut juga sebagai realitas hybrid yang merupakan gabungan antara dunia nyata dan virtual untuk menghasilkan lingkungan dan visualisasi baru yang berisi benda fisik dan digital dapat hidup berdampingan dan berinteraksi secara real time.

Advertisements

Dalam keterangannya pihak Mozilla mengatakan bahwa mereka percaya masa depan web akan sangat terkait dengan AR dan juga VR. dan masa depan itu akan hidup melalui browser. Itulah sebabnya mengapa mereka membuat Firefox Reality yang merupakan sebuah jenis browser web baru yang didesain untuk bisa bekerja di headset AR dan VR secara mandiri.

Firefox Reality sendiri bisa bekerja dengan banyak perangkat dari berbagai vendor. Untuk saat ini Mozilla sudah menguji browser terbarunya tersebut dengan perangkat HTC Vive Focus, dan Gear VR serta Google Dream. Namun akan lebih banyak perangkat AR dan VR yang bisa menggunakan layanan tersebut.

MR bisa dikatan memang masih baru, namun pihak Mozilla berjanji akan memberikan peningkatan pada kualitas browser Firefox Reality. Mozilla akan bekerja keras untuk memberikan perlindungan privasi yang terbaik kepada para pengguna Firefox Reality. Selain itu Mozilla juga akan membuat pengalam VR dan AR secepat mungkin. Firefox Reality nantinya diharapkan bisa menjadi browser kelas dunia untuk headset MR.

Advertisements

Dalam keterangannya pihak Mozilla juga menyatakan bahwa mereka memiliki pengalaman puluhan tahun dengan kompatibilitas web dan mereka merilis Firefox Quantum pada tahun 2017 lalu, yaitu sebuah browser yang cepat. Semua pengetahuan teknologi dan pengalaman itu akan membantu mereka menciptakan browser kelas dunia terbaik untuk headset mixed reality.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *