Friday , April 19 2024
Browser Dengan Privasi Tinggi
Browser Dengan Privasi Tinggi

Browser Dengan Privasi Tinggi

Browser Dengan Privasi Tinggi

lebakcyber.net – Browser Dengan Privasi Tinggi. Browser merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang memungkinkan para pemakai komputer agar bisa menemukan dan juga melihat informasi yang ada di internet.

Browser memungkinkan pengguna internet untuk mendapat semua informasi di World Wide Web (WWW), yang merupakan jaringan global dari dokumen yang saling terhubung.

Browser juga memiliki fungsi-fungsi lain, seperti membuka laman website, mencari informasi via mesin pencari, menyimpan data atau informasi penting, mendownload file ke penyimpanan lokal, dan melindungi perangkat dari berbagai ancaman. Beberapa contoh browser yang populer adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan Safari.

Namun dari beberapa jenis browser yang disebutkan diatas, ada beberapa browser yang memiliki privasi tinggi yang dapat menjaga informasi pribadi kita saat berselancar di internet. Dan berikut ini adalah daftar dari browser yang memiliki tingkat privasi yang tinggi.

Tor Browser

Browser Dengan Privasi Tinggi
Browser Dengan Privasi Tinggi

Tor Browser adalah sebuah browser yang dirancang untuk menjaga privasi dan anonimitas pengguna saat berselancar di internet. Tor Browser menggunakan jaringan Tor, yang merupakan jaringan relai sukarelawan yang tersebar di seluruh dunia, untuk mengacak dan menyembunyikan alamat IP asli pengguna.

Dengan demikian, pengguna Tor Browser dapat mengakses situs web yang diblokir, disensor, atau tersembunyi di internet tanpa meninggalkan jejak. Tor Browser juga melindungi pengguna dari pelacakan, pengawasan, dan serangan siber yang mungkin dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tor Browser merupakan modifikasi dari browser Mozilla Firefox yang telah dioptimalkan untuk tujuan privasi dan keamanan. Tor Browser memiliki fitur-fitur khusus, seperti mode jembatan, mode aman, dan mode baru identitas, yang dapat membantu pengguna mengatur koneksi dan preferensi mereka saat menggunakan jaringan Tor.

Tor Browser juga memiliki ekstensi-ekstensi bawaan, seperti HTTPS Everywhere, NoScript, dan Torbutton, yang dapat meningkatkan fungsi dan perlindungan browser.

Tor Browser pertama kali dikembangkan pada tahun 2008 oleh Proyek Tor, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi di internet.

Proyek Tor juga mengembangkan perangkat lunak lain yang berhubungan dengan jaringan Tor, seperti Tor Messenger, OnionShare, dan Orbot. Nama Tor sendiri merupakan singkatan dari The Onion Router, yang menggambarkan konsep jaringan berlapis-lapis seperti bawang yang digunakan oleh browser ini.

Brave Browser

Browser Dengan Privasi Tinggi
Browser Dengan Privasi Tinggi

Brave Browser adalah sebuah peramban web yang berbasis Chromium dan dikembangkan oleh Brave Software Inc. Brave Browser menawarkan fitur-fitur yang berfokus pada privasi dan kecepatan, seperti pemblokiran iklan dan pelacak, pencarian independen, VPN, dan imbalan kripto.

Brave Browser juga merupakan peramban web gratis dan sumber terbuka, yang artinya kode sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja.

LibreWolf Browser

Browser Dengan Privasi Tinggi
Browser Dengan Privasi Tinggi

LibreWolf adalah sebuah browser web yang gratis dan bersumber terbuka, yang merupakan cabang dari Firefox dengan penekanan pada privasi dan keamanan. LibreWolf dirancang untuk meningkatkan perlindungan terhadap teknik pelacakan dan sidik jari, sekaligus menyertakan beberapa peningkatan keamanan.

Hal ini dicapai melalui pengaturan dan perbaikan yang berorientasi pada privasi dan keamanan. LibreWolf juga bertujuan untuk menghapus semua telemetri, pengumpulan data, dan gangguan, serta menonaktifkan fitur-fitur anti-kebebasan seperti DRM.

LibreWolf merupakan modifikasi dari browser Mozilla Firefox yang telah dioptimalkan untuk tujuan privasi dan keamanan. LibreWolf memiliki fitur-fitur khusus, seperti pemblokir iklan dan pelacak, pencarian independen, VPN, dan imbalan kripto. LibreWolf juga kompatibel dengan semua ekstensi dan tema Firefox yang mendukung Chromium.

LibreWolf pertama kali dikembangkan pada tahun 2020 oleh Proyek LibreWolf, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi di internet.

Proyek LibreWolf juga mengembangkan perangkat lunak lain yang berhubungan dengan LibreWolf, seperti LibreWolf Messenger, OnionShare, dan Orbot. Nama LibreWolf sendiri merupakan gabungan dari kata libre (bebas) dan wolf (serigala), yang menggambarkan konsep browser yang bebas dan kuat ini.

Epic Browser

Epic Browser adalah sebuah browser web yang berfokus pada privasi dan keamanan pengguna. Browser ini berdasarkan Chromium, yang merupakan sumber kode dari Google Chrome. Epic Browser memiliki fitur-fitur yang dapat melindungi data dan identitas pengguna dari pelacakan, iklan, dan ancaman online. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Proxy terenkripsi yang dapat menyembunyikan alamat IP pengguna dan membuka situs web yang diblokir
  • Pemblokir iklan dan pelacak yang dapat menghapus iklan dan pelacak dari situs web yang dikunjungi
  • Penghapusan data penjelajahan secara otomatis setiap kali browser ditutup
  • Mode incognito bawaan yang tidak menyimpan riwayat, cookie, atau cache
  • Dukungan untuk ekstensi Chrome yang mendukung privasi

Epic Browser dikembangkan oleh Hidden Reflex, sebuah perusahaan perangkat lunak yang didirikan oleh Alok Bhardwaj. Epic Browser merupakan browser web gratis dan bersumber terbuka, yang artinya kode sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *