Friday , October 18 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Bos Apple Khawatir Soal Kebocoran Data Facebook

Bos Apple Khawatir Soal Kebocoran Data Facebook

foto : The Telegraph

Bos Apple Khawatir Soal Kebocoran Data Facebook

lebakcyber.net – Bos Apple khawatir soal kebocoran data Facebook dan Tim Cook selaku CEO Apple mengatakan perlu adanya upaya pencegahan untuk menghindari kembali terjadinya kasus penyalahgunaan data seperti yang saat ini sedang dialami oleh Facebook.

CEO Apple, Tim Cook juga menggaungkan pembuatan regulasi yang lebih kuat dalam mengatur privasi para pengguna platform online. Dimana peraturan tersebut harus mampu mencegah informasi dari sejumlah user disatukan dan kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan lain di luar pengetahuan para pemilik data itu sendiri.

Ide tersebut disampaikan oleh Cook pada sebuah sesi di China Development Forum di Beijing yang secara tidak langsung memberikan tekanan kepada seluruh perusahaan teknologi yang mengandalkan data penduduk di dunia dalam jumlah besar utnuk lebih memperkuat layanan, penjualan dan juga produknya. Dan Facebook merupakan salah satu dari korporasi tersebut.

Advertisements

Facebook sendiri saat ini sedang mengalami saat-saat yang sulit, yaitu dicurinya data milik 50 juta penggunanya oleh Cambridge Analytica yang diakui oleh Tim Cook sangat mengerikan. Dia pun kembali menekankan pentingnya untuk membuat regulasi yang lebih kuat.

Dikutip dari halaman Bloomberg, Cook mengatakan “Saya pikir situasi (yang dialami Facebook) saat ini sangat mengerikan dan menjadi masalah besar sehingga sekiranya dibutuhkan sebuah regulasi yang dirancang dengan amat baik. Dari sudut pandang saya, pihak manapun tidak semestinya memiliki kemampuan dalam mengetahui apa yang seseorang cari di internet dalam waktu bertahun-tahun, siapa yang dihubunginya, apa yang disuka dan tidak disukainya, dan informasi sensitif lainnya,”.

Selain itu, pria yang ditunjuk sebagai CEO Apple pada Agustus 2011 ini juga mengatakan bahwa perusahaan yang dipimpinnya tersebut sudah sejak lama khawatir terhadap orang-orang yang memberikan informasi pribadinya tanpa mengatahui bagaimana data miliknya sendiri dimanfaatkan.

Advertisements

“Kami telah khawatir dalam beberapa tahun terakhir terhadap orang-orang di banyak negara yang memberikan data pribadi tanpa mengetahui secara sepenuhnya mengenai apa yang mereka telah lakukan,” tuturnya.

“Suatu hari bisa jadi akan muncul hal kurang mengenakkan bagi orang-orang tersebut terkait dengan kegiatan menyangkut data dirinya, namun tanpa sepengetahuan mereka. Sayangnya, hal tersebut sudah terjadi, dan tidak hanya satu kali ini saja,” pungkas Cook.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Zuckerberg Dipaksa Mundur dari Chairman Facebook

Zuckerberg Dipaksa Mundur dari Chairman Facebook

Zuckerberg Dipaksa Mundur dari Chairman Facebook lebakcyber.net – Tekanan dari para investor Facebook agar Zuckerberg …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *