Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » News » Bill Gates: Pemimpin Dunia Harus Kerjasama Lawan Corona

Bill Gates: Pemimpin Dunia Harus Kerjasama Lawan Corona

foto : Reuters

Bill Gates: Pemimpin Dunia Harus Kerjasama Lawan Corona

lebakcyber.net – Bill Gates: Pemimpin dunia harus kerjasama lawan corona. Bill Gates mengatakan bahwa para pemimpin dunia harus dapat saling bekerja sama untuk memerangi pandemi dari virus corona.

Kerjasama tersebut sangat diperlukan mengingat kekhawatiran yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19 akan berlangsung lebih lama kalau terjadi kekosongan dalam kepentingan kepemimpinan global.

Dalam tulisannya pada kolom The Sunday Telegraph, Selasa (14/04/2020), Gates meminta untuk melakukan pendekatan global agar bisa menyelesaikan pandemi Covid-19. Dirinya juga mengingatkan bahwa virus corona tidak mendiskriminasi orang yang terkena virus Corona.

Advertisements

Lebih jelasnya Gates mengatakan bahwa virus corona tersebut tidak peduli akan perbatasan. Bahkan walau ada negara kaya yang berhasil memperlambat penyakit tersebut dalam beberapa bulan, pandemi corona tersebut masih bisa kembali menjadi pandemi tetap parah di daerah lain.

Gates juga meminta kepada para pemimpin dunia khususnya dari para anggota G20 agar mengambil tiga langkah penting. Sebelumnya pertemuan virtual negara G20 yang berlangsung akhir bulan lalu tidak dapat menghasilkan perjanjian apapun karena saat itu Amerika Serikat meminta dimasukannya istilah ‘Virus Wuhan’ pada tiap pengumuman resmi.

Advertisements

Gates berpendapat bahwa langkah pertama yang harus diambil oleh negara-negara adalah agar dapat memastikan sumber daya seperti sarung tangan, masker dan juga alat diagnosa agar bisa disebarkan secara merata.

Pendiri Microsoft tersebut juga memberikan seruan bahwa para pemimpin dunia harus bisa memberi komitmen berupa pendaan untuk melakukan riset dan juga pengembangan dari vaksin Covid-19.

Gates juga mengatakan bahwa sekarang ini Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) sudah berhasil mengembangkan delapan jenis vaksin yang memiliki potensi untuk melawan corona.

Dan salah satu vaksin tersebut dapat disiapkan dalam waktu 18 bulan kedepan, namun untuk pengembangannya membutuhkan dana tambahan sekitar USD 2 miliar.

Gates menjelaskan bahwa itu akan menjadi waktu tercepat bagi manusia jika dilihat dari patogen baru sampai mengembangkan vaksin untuk melawannya.

Gates juga meminta kepada negara yang tergabung didalam G20 agar bisa mengatur bagaimana vaksin tersebut nantinya akan diproduksi dan juga disebarkan. Karena belum diketahui vaksin mana nantinya yang akan bekerja secara efektif dan juga masing-masing vaksin akan membutuhkan teknologi khusus dalam pembuatannya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Bill Gates Dituduh Penyebar Virus Covid-19

Bill Gates Dituduh Penyebar Virus Covid-19

Bill Gates Dituduh Penyebar Virus Covid-19 lebakcyber.net – Bill Gates dituduh penyebar virus Covid-19. Bill …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *