Thursday , October 17 2019
Home / SQLite / Berkenalan Dengan SQLite

Berkenalan Dengan SQLite

Berkenalan Dengan SQLite

Sebelum mempelajari SQLite, ada baiknya kamu berkenalan dengan sqlite terlebih dahulu. Apa itu SQLite? SQLite adalah embedded relational database management system. Artinya kamu tidak perlu memerlukan server dan konfigurasi Karena SQLite merupakan database yang ukurannya sangat kecil dan dapat berdiri sendiri namun mempunyai perintah penuh SQL.

Berkenalan Dengan SQLite

SQLite bersifat gratis untuk penggunaan apapun baik itu untuk komersial ataupun pemakaian pribadi. Dengan kata lain, SQLite adalah database berukuran kecil yang dapat berdiri sendiri dan dapat di embed atau disematkan kedalam suatu aplikasi.

SQLite berbeda dengan database SQL seperti SQL Server, MySQL ataupun PostgreSQL, SQLite tidak membutuhkan proses deserver. SQLite mampu menulis dan membaca secara langsung file SQLite yang disematkan didalam suatu aplikasi.

Advertisements

Sejarah SQLite

SQLite pertama kali dikembangkan pada tahun 2000. Dinamakan SQLite Karena ukurannya yang sangat kecil (kurang dari 500kb), tidak seperti database lainnya yang berukuran besar seperti SQL Server dan juga Oracle.

SQLite sendiri dikembangkan oleh D. Richard Hipp untuk tujuan administrasi yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi. Pada tahun 2000 bulan Agustus SQLite 1.0 dirilis dibawah GNU database Manager dan pada tahun 2001 Hipp menambahkan UNQl interface kedalam database SQLite untuk mengembangkan UNQLite (Dokumen yang berorientasi database).

Fitur SQLite

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh SQLite :

Advertisements
  • SQLite bersifat gratis : SQLite bersifat gratis dan open source. Jadi kamu tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya.
  • SQLite tidak membutuhkan server : SQLite tidak membutuhkan server agar dapat digunakan.
  • SQLite sangat fleksibel : SQLite memungkinkan kamu bekerja dengan database yang berbeda diwaktu dan saat yang sama.
  • SQLite tidak membutuhkan konfigurasi : SQLite tidak membutuhkan konfigurasi atau pengaturan khusus agar dapat digunakan.
  • SQLite bersifat Cross Platform : Artinya kamu dapat menggunakan SQLite di sistem operasi manapun, baik itu Microsoft Windows, Linux atau Mac Os.
  • SQLite tersedia di sistem berbasis UNIX (Linux, Mac Os, Android, iOS) dan juga Windows, itulah mengapat SQLite bersifat cross platform.

Itulah informasi sederhana mengenai SQLite, jadi ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu mengenai SQLite ini sebelum kamu mempelajari lebih jauh mengenai SQLite di lebakcyber.net, Karena menurut pepatah “tak kenal maka tak sayang” hahaha.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Tutorial Belajar SQLite Operator

Tutorial Belajar SQLite Operator

Tutorial Belajar SQLite Operator Tutorial Belajar SQLite Operator – Pada tutorial kali ini, lebakcyber.net akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *