Thursday , March 4 2021
Home » JQuery » Berkenalan Dengan JQuery

Berkenalan Dengan JQuery

Berkenalan Dengan JQuery

lebakcyber.net – Berkenalan dengan JQuery. Oke jadi pada kesempatan pertama pembahasan kita mengenai JQuery ini ada baiknya sebelum belajar kita berkenalan dulu dengan JQuery tersebut.

Apa Itu JQuery

JQuery merupakan library framework javascript, bisa dibilang JQuery adalah hasil dari pengembangan javascript yang memang sengaja dibuat untuk lebih memudahkan para developer website yang ingin membuat sebuah efek dan juga keperluan javascript lainnya pada saat membuat sebuah website.

Advertisements

Sekarang ini JQuery sudah sangat dikenal dalam dunia pemrograman website dan hal tersebut membuat banyak plugin-plugin untuk web lainnya yang dibut dengan menggunakan JQuery sebagai basisnya. Misalnya saja grafik, kalender, desain komponen web, export html ke gambar dan lain sebagainya.

Selain itu, hampir semua developer website di dunia sekarang ini sudah sangat aktif dalam menggunakan JQuery yang digunakan sebagai pengganti dari javascript, hal tersebut karena para developer lebih dimudahkan karena sudh tidak perlu lagi mengetikkan syntax javascript yang panjang untuk sebuah event tertentu.

Advertisements

Hal tersebutlah yang membuat banyak developer beralih ke JQuery karena JQuery sendiri memang hasil dari pengembangan Javascript dan para developer hanya perlu memanggil fungsi-fungsi yang ingin digunakan saja pada JQuery

Kalau teman-teman ingin menggunakan JQuery, yang harus dilakukan hanya menghubungkan file JQuery dengan file PHP atau html yang ingin digunakan dan caranya sama seperti cara menghubungkan file javascript seperti biasanya.

Kelebihan dari JQuery

JQuery sendiri memiliki beberapa kelebihan, kelebihan dari JQuery tersebut diantaranya adalah :

  • Lebih mudah saat digunakan
  • Lebih mudah untuk dimengerti
  • Ringan
  • Gratis
  • Syntax yang ditulis lebih pendek
  • Dapat dikembangkan untuk membuat sebuah plugin web lain.

Cara Menggunakan JQuery

Ada dua cara untuk menggunakan JQuery, yaitu :

Menggunakan JQuery secara online

Maksudnya adalah teman-teman menggunakan JQuery dengan cara menghubungkan file PHP atau HTML dengan menggunakan link online langsung ke halaman yang suda disediakan oleh JQuery.

Menggunakan JQuery secara offline

Maksudnya adalah penggunaan JQuery dengan cara mendownload file jquery lalu selanjutnya hubungkan file jquery tersebut pada file PHP atau html yang ingin ditambahkan jquery.

Contoh Menggunakan JQuery secara online

Silahkan perhatikan perintah dibawah ini terlebih dahulu :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Berkenalan Dengan JQuery - Lebak Cyber</title>
    <link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
    <script src="//code.jquery.com/jquery-1.11.3.min.js"></script>
</head>
<body>
 
</body>
</html>

Kalau teman-teman ingin menggunakan JQuery secara online maka perintah diatas dapat digunakan khususnya pada perintah :

<script src="//code.jquery.com/jquery-1.11.3.min.js"></script>

Kalau teman-teman menggunakan jquery secara online pada saat membuat sebuah website, pastikan kalau komputer yang digunakan untuk mendevelop web tersebut terhubung dengan internet.

Selain menggunakan situs resmi yang disediakan oleh jquery, teman-teman juga bisa menggunakan link yang disediakan oleh Google ataupun microsoft seperti dibawah ini :

Link JQuery Google

<script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.11.3/jquery.min.js"></script>

Link JQuery Microsoft

<script src="https://ajax.aspnetcdn.com/ajax/jQuery/jquery-1.11.3.min.js"></script>

Menggunakan JQuery secara offline

Kalau teman-teman ingin menggunakan jquery secara offline, teman-teman hanya perlu mendownload file jquerynya lalu simpan file hasil download jquery tersebut kedalam projek yang teman-teman sedang buat lalu teman-teman hanya perlu menghubungkannya saja.

Cara untuk menghubungkan jquery pada file php atau html yang sedang dibuat juga sangat mudah dan juga sama seperti saat teman-teman menghubungkan file javascript pada file PHP atau html yang sedang dibuat.

Silahkan download dulu file JQuery melalui situs resminya melalui link dibawah ini :

Download JQuery v3.5.1

Selanjutnya simpan hasil download tersebut kedalam projek yang sedang teman-teman buat dan teman-teman hanya tinggal memanggilnya dengan menggunakan perintah seperti dibawah ini :

<script type="text/javascript" src="jquery.js"></script>

Atau perintah lebih lengkapnya seperti dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Berkenalan Dengan JQuery - Lebak Cyber</title>
    <link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
    <script type="text/javascript" src="jquery.js"></script>
</head>
<body>
 
</body>
</html>

Oke jadi sampai disini dulu edisi berkenalan dengan jquery. Pada pembahasan jquery selanjutnya kita akan bahas berbagai materi yang semoga saja bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar JQuery.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar jquery lainnya dan sampai jumpa di tutorial belajar jquery lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *