Monday , November 30 2020
Home » HTML 5 » Berkenalan Dengan HTML : Pengertian dan Sejarah
Berkenalan Dengan HTML
foto : lebakcyber.net

Berkenalan Dengan HTML : Pengertian dan Sejarah

Berkenalan Dengan HTML : Pengertian dan Sejarah

lebakcyber.net – Berkenalan dengan HTML : Pengertian dan Sejarah. HTML (Hypertext Markup Language) memiliki fungsi yang sangat penting didalam sebuah website. HTML bisa memudahkan para pengguna atau user dalam membuat sebuah paragraf, heading, blockquote, tautan ataupun link pada situs atau halaman website yang sedang dibuat.

HTML merupakan bahasa mark up yang sangat mudah untuk dipahami, selain itu HTML juga bisa memudahkan para developer ataupun user pemula dalam menyusun, memformat dan juga mengorganisir suatu dokumen secara online.

HTML juga memiliki fungsi agar memudahkan para pengguna untuk mengatur dan juga mengelola sebuah data dalam bentuk dokumen pada sebuah website. Sehingga nantinya dihasilkan sebuah dokumen yang mudah dibaca dan juga menarik oleh seluruh pengguna internet di dunia.

Advertisements

HTML sendiri juga bisa dijalankan pada setiap website. Selain itu HTML juga memiliki learning curve yang lebih mudah dan juga open source sehingga dapat digunakan dan juga dijalankan secara gratis. Selain itu, HTML juga memiliki standar website resmi oleh World Wide Web Consortium, dan juga HTML sangat mudah untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman seperti PHP, Node.JS bahkan bahasa pemrograman lainnya yang biasa dibuat untuk backend.

Sejarah HTML

HTML dibuat oleh seorang bernama Tim Berners Lee yang merupakan seorang ahli fisika pada lembaga penelitian CERN yang berada di Swiss. Tim pada awalnya memiliki ide mengenai sebuah sistem hypertext yang menggunakan basis internet. Tim lalu merilis versi HTML yang pertama di tahun 1991. Pada versi pertamanya tersebut, HTML memiliki 18 tag HTML.

Advertisements

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1991, setiap versi terbaru dari HTML dirilis pasti selalu dilengkapi dengan tag dan juga attribute baru. Sampai sekarang ini sudah ada 140 tag HTML bedasarkan HTML Element Reference. Dengan semakin majunya teknologi, maka HTML pun semakin berkembang dan juga meningkat.

Sekarang ini HTML dikembangkan oleh W3C dengan upgrade yang sangat besar pada tahun 2014 lalu. Dan hasilnya adalah pengenalan mengenai HTML 5 yang memiliki semantic bari dan bisa memberitahukan arti dari konten HTML tersendiri. Dengan adanya web browser memiliki tujuan untuk lebih memudahkan pengguna pada saat membuka dokumen yang memiliki format HTML.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *