Thursday , September 19 2019
Home / CodeIgniter / Berkenalan Dengan CodeIgniter

Berkenalan Dengan CodeIgniter

Berkenalan Dengan CodeIgniter

lebakcyber.net – Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas mengenai berkenalan dengan CodeIgniter. Pasti kalian sebagai developer web sudah sering mendengar istilah CodeIgniter bukan? CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP yang paling banyak digunakan oleh web developer.

Framework sendiri merupakan suatu kumpulan instruksi yang dikumpulkan didalam class dan function yang memiliki fungsinya masing-masing untuk lebih memudahkan para developer web dalam proses pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax program yang sama secara berulang-ulang.

CodeIgniter sendiri merupakan suatu framework php yang bersifat Open Source, artinya siapa saja boleh menggunakan framework ini secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Framework CodeIgniter dibuat dengan tujuan yang sama seperti Framework lainnya, yaitu untuk memudahkan para developer dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web.

Pengertian MVC

Didalam pemrograman berbasis object, khususnya pada framework CodeIgniter dikenal istilah MVC, dimana MVC adalah suatu konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga bagian yaitu Model, View dan Controller.

Model

Model merupakan bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan atau manipulasi database. Misalnya menginput data, mengambil data dan pengolahan database lainnya. Semua instruksi yang berhubungan dengan pengolahan database di letakkan didalam Model.

View

View merupakan bagian yang menangani halaman tampilan atau user interface yang akan ditampilkan kepada user. Tampilan itu dikumpulkan pada view untuk memisahkannya dengan Controller dan Model sehingga memudahkan web designer untuk mengembangkan tampilan pada halaman website.

Controller

Controller merupakan kumpulan instruksi aksi yang akan menghubungkan model dan view sehingga pengguna tidak berhubungan dengan model secara langsung.

Berdasarkan keterangan singkat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Controller digunakan sebagai penghubung View dan Model.

Misalnya pada aplikasi yang dibuat dengan menggunakan konsep MVC, Controller akan memangil instruksi pada model yang mengambil data dari database, selanjutnya Controller akan meneruskannya pada View untuk ditampilkan kepada user.

Kelebihan FrameWork CodeIgniter

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CodeIgniter adalah :

  • Penulisan syntax yang lebih rapih.
  • Penggunaannya mudah.
  • Kemanan yang lebih baik.
  • Memiliki fasilitas helper dan juga library yang lengkap sehingga memudahkan developer web.

Mulai Menggunakan CodeIgniter

CodeIgniter dapat didownload secara langsung melalui situs officialnya yang beralamat di www.codeigniter.com. Selanjutnya kamu hanya tinggal mengekstrak isi folder codeigniter tersebut kedalam project kamu yang berada di localhost. Selanjutnya coba buka project yang sudah berisi ekstrak file codeigniter yang sudah didownload melalui browser.

berkenalan dengan codeigniter
berkenalan dengan codeigniter

Jika tampilan browsernya seperti pada gambar diatas, berarti codeigniter sudah berhasil di pasang dan kamu sudah siap untuk bekerja dengan menggunakan codeigniter. Sampai bertemu di tutorial mengenai codeigniter selanjutnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Spesifikasi dan Harga iPhone 11

Spesifikasi dan Harga iPhone 11 lebakcyber.net – Spesifikasi dan harga iPhone 11. Apple akhirnya mengumumkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *