Saturday , May 18 2024

Berkenalan Dengan Chrome OS Flex

Berkenalan Dengan Chrome OS Flex

Berkenalan Dengan Chrome OS Flex

lebakcyber.net – Berkenalan Dengan Chrome OS Flex. Sebagai suatu upaya supaya memiliki peran yang lebih besar dalam persaingan sistem operasi desktop, sepertinya pihak Google ingin meningkatkan permainannya dalam pasar tersebut setelah sebelumnya merilis Chrome OS yang agak kurang populer kalau dibandingkan dengan sistem operasi lainnya yang ada di pasaran.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut, baru-baru ini pihak Google sendiri sudah memperkenalkan sistem operasi barunya yang sebenarnya masih berbasis Chrome OS yang disebut dengan nama Chrome OS Flex. Jadi sebenarnya seperti apa sih Chrome OS Flex tersebut dan apa bedanya dengan Chrome OS yang sebelumnya sudah Google Rilis?

Berdasarkan keterangan resmi yang didapat dari pihak Google sendiri, Chrome OS Flex ini merupakan sebuah sistem operasi yang lebih baik dan advanced kalau dibandingkan dengan Chrome OS, dimana Chrome OS Flex ini lebih Aman, mudah dan cepat saat digunakan.

Pihak Google sendiri menyebut hal tersebut sebagai “Fast, “easy to manage”, and “Secure”. Selain itu juga desain yang dimiliki oleh Chrome OS Flex sendiri ditujukan untuk lebih membuat modern perangkat komputer ataupun Mac lawas.

Tujuan dibuatnya sistem operasi Flex OS ini lebih ditujukan untuk sekolah dan juga bisnis dan kalian bisa mendonwload sistem operasi Flex OS ini secara gratis dan juga sudah kompatibel dengan Google’s Powerful cloud-based management. Walaupun lebih mirip, OS Flex sendiri tidak sama dengan Chrome OS.

Perbedaan Chrome OS Flex dengan Chrome OS

Walaupun Chrome OS Flex masih menggunakan base code dan juga rilis yang sama dengan Chrome OS, yang membuat perbedaan salah satunya adalah Chrome OS Flex tidak bisa digunakan untuk mengakses Google Play Store. Jadi sistem operasi Chrome OS Flex sendiri tidak akan bisa menjalankan aplikasi aplikasi Android.

Pada dasarnya, sistem operasi Chrome OS Flex ini merupakan versi yang lebih muda dibandingkan CloudReady yang merupakan sistem operasi yang memiliki basis Chrome OS yang sebelumnya dimiliki oleh sebuah peruhsanaan bernama Neverware, namun pada tahun 2020 lalu pihak Google mengakuisisi perusahaan Neverware tersebut agar bisa meningkatkan pasar sistem operasi desktop mereka.

Chrome OS Flex Versi Preview Sudah Tersedia

Bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan sistem operasi Flex OS ini, kalian bisa mendownload versi preview dari OS tersebut, sedangkan untuk perilisan secara resmi dan juga untuk versi stabilnya sendiri, pihak Google berencana akan merilisnya sekitar kuartal kedua di tahun 2022.

Untuk kebutuhan hardwarenya sendiri, dikutip dari halaman 9to5Google, kebutuhan hardwarenya tidak jauh berbeda dengan Chrome OS ataupun CloudReady, dan dibawah ini adalah kebutuhan hardware agar bisa menjalankan sistem operasi Chrome OS Flex.

  • RAM: 4 GB
  • Architecture: Intel or AMD x86-64-bit compatible device
  • Bootable dari USB drive
  • Internal storage: 16 G
  • BIOS: Full administrator access. Kalian perlu melakukan booting dari Chrome OS Flex USB Installer dan membuat beberapa perubahan pada BIOS jika terjadi masalah saat menginstall atau menjalankan Chrome OS Flex.
  • Processor dan graphics: Komponen yang dibuat sebelum tahun 2010 mungkin akan mengalami pengalaman yang buruk.
  • Catatan : Intel GMA 500, 600, 3600, and 3650 graphics hardware tidak akan memenuhi performa Chrome OS Flex standar.

Ok jadi itulah beberapa informasi mengenai Chrome OS Flex, jadi apakah kalian tertarik untuk menggunakan sistem operasi ini pada komputer ataupun mac jadul kalian agar tampilannya menjadi lebih modern serta mudah untuk digunakan?

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *