Saturday , January 18 2020
Home / Bootstrap / Berkenalan Dengan Bootstrap

Berkenalan Dengan Bootstrap

Berkenalan Dengan Bootstrap

lebakcyber.net – Berkenalan dengan Bootstrap. Dengan semakin berkembangnya zaman dan sebagai seorang programmer, sekarang kita semakin dimudahkan dengan berbagai tools dan juga framework yang dikembangkan untuk membantu kita dalam mengerjakan sebuah projek web.

Misalnya saat ingin membuat sebuah web dengan menggunakan PHP, kalau dulu kita biasa menggunakan PHP Native untuk membuatnya, sekarang kita sudah bisa menggunakan berbagai jenis framework PHP yang dapat membantu dalam mengembangkan aplikasi web yang sedang dibuat.

Dimana biasanya didalam framework PHP tersebut terdapat berbagai macam library, tools ataupun fungsi-fungsi yang diperlukan sehingga kita hanya tinggal menggunakannya saja.

Advertisements

Dalam hal desain, kalau dulu kita sempat belajar CSS untuk membuat sebuah layout website, membuat tombol agar terlihat lebih bagus atau mempercantik tampilan tabel. Sekarang semuanya sudah dirangkum dalam sebuah framework CSS yang bernama Bootstratp.

Jadi Bootstrap itu apa sih? dan bagaimana cara menggunakan Bootstrap pada aplikasi web PHP atau html yang sedang kita buat. Oke jadi langsung saja kita simak pembahasannya mengenai apa itu Bootstrap.

Apa Itu Bootstrap?

Bootstrap merupakan salah satu framework CSS yang dibuat pada tanggal 19 Agustus 2011. Awalnya bootstrap bernama Twitter Blueprint dan dikembangkan oleh Nirav Panchal dan juga Jacob, framework ini berbasis open source sehingga dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja yang ingin mengembangkan website terutama pada bagian front endnya.

Advertisements

Fokus utama dari framework bootstrap adalah pada rancangan interface seperti form, layout, navigasi, button dan lainnya. Bootstrap sendiri terdiri dari komponen CSS, JavaScript dan juga HTML. Selain itu juga bootstrap sudah support pada semua browser seperti Google Chrome, Edge, Mozilla, Opera dan lain sebagainya.

Kenapa Harus Menggunakan Bootstrap?

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kalian harus menggunakan Bootstrap.

  • Tidak Perlu Memiliki Pengetahuan Lebih Tentang CSS

Kalau kalian memiliki pengetahuan dan penguasaan syntax css yang minim, maka bootstrap adalah solusinya karena kalian tidak perlu menghafal semua elemen atribut pada css untuk mendesain sebuah halaman website atau komponen-komponen html. Cukup menggunakan Bootstrap kalian sudah bisa melakukan semua yang secara umum dilakukan dengan menggunakan CSS.

  • Hemat Waktu

Dengan menggunakan Bootstrap kita dapat menghemat banyak waktu dalam mengerjakan sebuah website. Apalagi kalau kalian seorang programmer yang harus mengerjakan back end dan juga harus membuat front end. Dengan menggunakan bootstrap pengerjaan desain komponen atau layout aplikasi yang dibuat dapat dengan mudah dilakukan sehingga lebih menghemat waktu.

  • Mudah Digunakan

Seperti mudahnya membuat komponen html pada sebuah website, begitu juga dengan bootstrap, kalian hanya perlu meload library yang ada pada bootstrap dan memanggilnya melalui class, nantinya komponen html tersebut akan langsung terintegrasi dengan bootstrap.

  • Memiliki Fitur Responsive Desain

Saat ini banyak orang yang mengakses sebuah website menggunakan smartphonenya. Dengan memiliki fitur responsive desain, maka aplikasi atau website yang kita buat tampilannya akan mengikuti atau menyesuaikan dengan resolusi ukuran layar perangkat yang mengaksesnya. Sehingga tampilan aplikasi atau website yang dibuat akan kompatibel dengan semua jenis perangkat.

Jadi itulah sedikit penjelesan mengenai bootstrap dan mengapa kita harus menggunakan bootstrap pada aplikasi atau website yang sedang kita buat. Sampai jumpa pada tutorial mengenai bootstrap selanjutnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

FItur Anggalan Samsung Galaxy A51

FItur Anggalan Samsung Galaxy A71

FItur Anggalan Samsung Galaxy A71 lebakcyber.net – FItur anggalan Samsung Galaxy A71. Memasuki tahun baru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *