Monday , June 21 2021
Home » Bootstrap » Berkenalan Dengan Bootstrap 5

Berkenalan Dengan Bootstrap 5

foto : Bootstrap

Berkenalan Dengan Bootstrap 5

lebakcyber.net – Berkenalan Dengan Bootstrap 5. Sebelum kita mulai untuk belajar mengenai Bootstrap 5, tidak ada salahnya kalau kita lebih dulu mengenal lebih dekat apa sih Bootstrap itu? dan apa kelebihan dari Bootstrap yang sekarang ini sudah masuk ke versi 5.

Kalau teman-teman ingin membuat sebuah website yang cepat serta memiliki kode HTML yang konsisten serta memiliki tampilan yang bagus dan juga konsisten, maka disini saya menyarankan untuk menggunakan Bootstrap.

Sekarang ini Bootstrap merupakan framework yang paling populer dan juga banyak digunakan oleh para developer untuk mengembangkan sebuah website.

Advertisements

Karena dengan menggunakan Bootstrap kita bisa membuat website dengan lebih cepat dan pastinya tanpa harus dipusingkan dengan kode-kode CSS. Hal itu karena Bootstrap sudah menyiapkan semuanya, jadi teman-teman hanya tinggal menggunakannya saja.

Bootstrap Itu Apa Sih?

Bootstrap sendiri merupakan sebuah framework CSS yang memiliki sifat Open Source dan juga gratis, selain itu juga Bootstrap sudah menyediakan berbagai macam class CSS serta Bootstrap juga menyertakan beberapa fungsi dari Javascript agar proses pembuatan sebuah website menjadi lebih mudah.

Advertisements

Kalau sebelumnya teman-teman pernah membuat sebuah website dengan menggunakan CSS sendiri tanpa menggunakan framework CSS pasti terasa menyulitkan bukan. Oleh sebab itu, proses pembuatan website akan menjadi lebih mudah kalau kita menggunakan Bootstrap.

Sejarah Bootstrap

Bootstrap pertama kali dikembangkan oleh Jacob Thornton dan Mark Otto saat mereka bekerja di Twitter, dan pada awalnya Bootstrap memiliki nama Twitter Blueprint.

Sebelum Bootstrap ada, para tim di Twitter sendiri telah menggunakan beberapa library untuk membuat tampilan dari Twitter, namun hal tersebut tidak konsisten dan membuat kode menjadi sangat sulit untuk di maintenance.

Karena masalah tersebut, akhirnya jacob Thornton dan juga Mark Otto beserta beberapa programmer mulai membuat dan juga mendesain sebuah tool internal yang akhirnya diberi nama Twitter Blueprint.

Setelah melalui beberapa bulan proses pengembangan, akhirnya banyak programmer yang ikut terlibat dan juga berkontribusi pada proses pengembangan proyek Twitter Blueprint tersebut.

Lalu selanjutnya Twitter Blueprint dirubah namanya menjadi Bootstrap dan akhirnya dirilis sebagai sebuah proyek Open Source pada tanggal 19 Agustus 2011.

Sekarang framework Bootstrap sudah masuk ke versi 5 dan beberapa fitur yang dimiliki oleh Bootstrap 5 tersebut adalah :

  • Menghilangkan fitur JQuery.
  • Sistem Grid yang ditulis ulang.
  • Perubahan dari Jekyll ke Hugo untuk digunakan sebagai dokumentasi Bootstrap.
  • Dihapusnya dukungan untuk Internet Explorer 10 dan juga Internet Explorer 11.
  • Ditambahkannya beberapa kumpulan SVG icons.
  • Serta masih banyak lagi pastinya fitur yang dimiliki oleh Bootstrap versi 5 ini.

Oke semoga sekarang teman-teman sudah memahami apa sih Bootstrap itu dan apa untungnya kita menggunakan Bootstrap pada saat teman-teman membuat atau mendesain sebuah website.

Semoga penejelasan sederhana mengenai Bootstrap tersebut bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net karena kita akan membahas dan belajar bersama-sama mengenai Bootstrap 5 ini.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Membuat Carousel Menggunakan Bootstrap

Membuat Carousel Menggunakan Bootstrap

Membuat Carousel Menggunakan Bootstrap lebakcyber.net – Membuat carousel menggunakan Bootstrap. Pada kesempatan kali ini kita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *