Sunday , October 25 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Benarkan NSA Punya Software Pembobol Windows?
Benarkan NSA Punya Software Pembobol Windows

Benarkan NSA Punya Software Pembobol Windows?

Benarkan NSA Punya Software Pembobol Windows?

lebakcyber.net – Salah satu lembaga intelijen Amerika yaitu NSA (National Secutiry Agency) dikabarkan memiliki sebuah software yang dapat membobol seluruh sistem operasi Windows. Software tersebut bekerja dengan memanfaatkan celah keamanan yang ada di sistem operasi Windows.

Benarkan NSA Punya Software Pembobol Windows
foto : flicker.com

Kabar tersebut tersebar setelah kelompok hacker bernama Shadow Brokers membeberkan informasi tersebut setelah mereka berhasil mencuri data rahasia dari NSA dan menyebarkannya.

Selain informasi mengenai software pembobol windows yang dimiliki oleh NSA, Shadow Brokers juga sebelumnya sudah pernah memberikan informasi mengenai zero days exploit dan bagaimana cara memanfaatkannya agar dapat menyusup kedalam sistem operasi windows.

Advertisements

Zero days exploit merupakan istilah untuk menerangkan suatu celah keamanan dari suatu software atau sistem operasi yang mana masih belum diketahui oleh pembuatnya.

Namun tampaknya NSA tidak memberikan informasi mengenai celah temuannya tersebut kepada Microsoft selaku pembuat sistem operasi Windows. Parahnya, celah keamanan tersebut dapat digunakan untuk mengakses seluruh sistem operasi windows mulai dari Windows XP hingga Windows 8.

Advertisements

Berdasarkan informasi yang dibeberkan oleh Shadows Brokers, pihak Microsoft akhirnya mengambil langkah keamanan. Pada hari jumat pekan lalu, pihak Microsoft telah mengeluarkan perbaikan atau update yang diperlukan untuk menanggulangi masalah tersebut.

Sayangnya update tersebut hanya tersedia untuk Windows 7 dan Windows 8, sedangkan bagi pengguna Windows XP dan Vista sudah tidak mendapatkan update dan support dari pihak Microsoft.

Jadi bagi kamu yang masih menggunakan sistem operasi windows xp atau vista, disarankan untuk segera mengupdate sistem operasinya ke windows 7, 8 atau windows 10 agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *