Saturday , September 26 2020
Home » The Lounge » News » Benarkah iFlix Akan Dijual Karena Krisis Keuangan?

Benarkah iFlix Akan Dijual Karena Krisis Keuangan?

foto : National Thailand

Benarkah iFlix Akan Dijual Karena Krisis Keuangan?

lebakcyber.net – Benarkah iFlix akan dijual karena krisis keuangan. iFlix yang merupakan perusahaan penyedia layanan video on-demand yang memiliki kantor di Malaysia sedang dilanda krisis keuangan menjelang penawaran saham perdana atau IPO yang dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 31 Juli mendatang.

Agar bisa mengatasi krisis tersebut, pihak iFlix kabarnya sedang melakukan lego perusahaan tersebut kepada calon pembeli yang potensial, beberapa diantaranya berasal dari China. Berdasarkan kabar yang beredar, kesepakatan akuisis tersebut memiliki target agar bisa dicapai pada akhir bulan Juni ini.

Sebelumnya perusahaan iFlix sudah lebih dulu ditinggal oleh dua orang pendirinya, yaitu Patrick Grove dan Luke Elliot, dimana mereka berdua mengundurkan diri dari dewan direksi pada tanggal 9 April lalu. Sedangkan dua direktur iFlix lainnya yaitu David Nairn dan juga Mark Andrew Licciardo juga mengundurkan diri pada hari yang sama.

Advertisements

iFlix selanjutnya menunjuk Ryan Shaw dan juga John Zeckendorf dari Mandala Asset Solutions agar bertindak sebagai anggota dewan direksi.

Mandala Asset Solutions sendiri merupakan sebuah firma spesialis “Distressed Assets” yang mengacu pada aset yang akan dijual oleh perusahaan karena mengalami masalah kesulitan keuangan.

Advertisements

Pada tahun 2018 lalu, pihak iFlix sempat melaporkan kerugian bersih yang mencapai angka USD 158,1 juta atau sekitar Rp. 2,2 triliun.

Pada bulan September 2019, perusahaan memperkirakan hanya memiliki cukup uang agar dapat membiayai overhead administratif dan juga korporasi sampai bulan November 2019.

Dan di bulan April tahun ini, pihak iFlix merumahkan beberapa karyawan dari berbagai bidang dan juga wilayah pasar iFlix, namun jumlah pasti karyawan yang dirumahkan tersebut tidak disebutkan.

Saat itu iFlix mengatakan kalau hal tersebut dilakukan sebagai langkah dari ketidakpastian ekonomi yang ditimbulkan karena pandemi Covid-19. Pada awalnya iFlix memiliki niat untuk IPO pada tahun 2020.

Tapi sayangnya pada bulan Januari lalu beredar kabar kalau hal tersebut urung dilakukan. Dan sebagai gantinya pihak iFlix dikabarkan berniat untuk mengumpulkan dana tambahan yang jumlahnya mencapai USD 50 juta yang didapat dari investor existing.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *