Tuesday , March 31 2020
Home » Adv » Belajar Machine Learning dengan Algoritma Supervised Learning

Belajar Machine Learning dengan Algoritma Supervised Learning

foto : towards data science

Belajar Machine Learning dengan Algoritma Supervised Learning

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang pembelajaran mesin atau yang lebih dikenal dengan istilah machine learning. Machine Learning adalah ilmu tentang algoritma dan model statistik yang digunakan oleh komputer untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu tanpa diberikan instruksi secara eksplisit, melainkan komputer mempelajari pola dari data historis. Secara sederhana, pembelajaran mesin merupakan cara membuat komputer dapat mempelajari serangkaian data dan memprediksi hasil dari informasi tertentu di masa mendatang.

Perbedaan Belajar Machine Learning & Pemrograman Tradisional

Lantas, apa perbedaan antara belajar machine learning dengan pemrograman tradisional? Pada pemrograman tradisional, seorang programmer menciptakan sebuah program secara manual yang menjalankan suatu fungsi. Tanpa adanya logika, programmer harus memasukkan formula atau kode secara manual. Pada pemrograman tradisional, komputer membutuhkan data dan program untuk menghasilkan output.

Berbeda dengan machine learning dimana algoritma secara otomatis membuat formula dari data historis. Contoh sederhana dari pembelajaran mesin adalah sebagai berikut: jika kita menggunakan foto-foto aneka hewan buas seperti singa, beruang, dan badak dan manusia sebagai input, komputer akan mempelajari foto-foto tersebut dan membedakan antara manusia dan hewan buas. Ketika ada foto baru dimasukkan, komputer dapat membedakan kategori antara foto hewan buas, manusia, atau bukan keduanya.

Advertisements

Akan sangat mustahil untuk membedakan antara aneka hewan buas dan manusia menggunakan pemrograman tradisional karena seperti yang kita ketahui ada berbagai jenis hewan buas, ciri-ciri fisik manusia yang beragam, corak kulit yang berbeda-beda, dan seterusnya. Bayangkan berapa banyak if else yang harus ditulis jika menggunakan pemrograman tradisional. Contoh ini merupakan salah satu alasan mengapa kita harus belajar machine learning selain menguasai pemrograman tradisional.

Contoh Pengaplikasian Machine Learning dalam Kehidupan Sehari-hari

Umat manusia sangat terbantu oleh teknologi pembelajaran mesin yang merupakan salah satu inovasi di dunia modern. Machine learning tidak hanya diaplikasikan untuk kepentingan industri dan profesional namun juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh pengaplikasian teknologi pembelajaran mesin di sekitar kita:

Advertisements

Pemindai gambar dan wajah

Pemindai gambar adalah salah satu pengaplikasian pembelajaran mesin paling umum. Program ini sering dijadikan bahan latihan bagi para pemula yang sedang belajar machine learning. Selain memindai gambar, komputer juga dapat diajarkan untuk mengenali wajah. Teknologi ini dapat ditemukan pada smartphone seperti Face ID di perangkat Apple dan face recognition di perangkat Android mutakhir.

Filter spam kotak pesan email

Kita harus berterimakasih pada ilmu pembelajaran mesin karena dapat menghasilkan salah satu fitur yang sangat membantu kehidupan digital kita yaitu filter spam di kotak pesan email. Machine Learning terus menerus mempelajari jenis-jenis email spam yang juga terus berkembang sehingga kotak pesan kita terhindar dari hal-hal yang mengganggu dan tidak berguna.

Belajar Machine Learning dengan Algoritma Supervised Learning

Penerapan pembelajaran mesin untuk teknologi terapan umumnya menggunakan algoritma supervised learning. Supervised learning adalah metode pembelajaran mesin untuk mempelajari sebuah fungsi dimana pemrogram menyediakan pasangan input dan output yang diinginkan kemudian algoritma akan menemukan cara untuk menghasilkan output yang diinginkan ketika suatu input dimasukkan meskipun belum pernah diberikan sebelumnya. Algoritma supervised learning dapat menghasilkan output dari sebuah input yang belum pernah ada tanpa bantuan dari manusia. Di kesempatan ini, penulis belajar machine learning dengan algoritma supervised learning melalui kelas Pengenalan Pembelajaran Mesin (Introduction to Machine Learning) yang dipandu oleh Afif Akbar Iskandar, seorang AI Scientist dan Instructor di Udemy.

Machine learning sangat erat kaitannya dengan data, oleh karena itu kita harus terlebih dahulu mengenal jenis-jenis data. Data terdiri dari dua jenis yaitu data terstruktur seperti excel, csv, dan sebagainya dan data tidak terstruktur seperti gambar, video, suara, dan sebagainya.

Bentuk data yang ideal yang dapat diproses oleh machine learning berbentuk matriks numerik. Matriks numerik terdiri dari baris dan kolom dimana terdapat jumlah sampel dan jumlah variabel atau fitur.

Kelas pembelajaran mesin yang dipandu oleh Afif Akbar ini merupakan pengenalan dan dasar sebelum belajar machine learning lebih lanjut. Kita akan mendapatkan informasi tentang apa saja resources yang dibutuhkan seperti program komputer yang digunakan, cara menggunakan Python, libraries yang dibutuhkan, dan lain-lain.

Ada berbagai tantangan mempelajari machine learning terlebih lagi bagi pemula, namun tidak perlu khawatir karena di kelas online ini kita dipandu untuk melakukan live coding bersama instruktur. Kita juga tidak perlu membuat sendiri resources yang dibutuhkan seperti data mentah karena segala yang diperlukan telah disediakan dan dapat diunduh secara gratis.

Ketika mempelajari tentang machine learning di Udemy, kita bisa mengulang video tutorial sebanyak yang kita mau, hingga materi benar-benar meresap dan dipahami. Selain kelas pembelajaran mesin, ada berbagai kelas lainnya yang bisa kita coba di Udemy seperti UI/UX, desain grafis, internet marketing, koding, dan lain-lain. Kelas-kelas tersebut juga tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Saat ini, Udemy sudah mendukung pembayaran di Alfamart dan Indomaret sehingga bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit atau akun bank, dapat melakukan pembayaran dengan mudah di gerai-gerai tersebut.

Itulah pengalaman penulis belajar machine learning di Udemy. Bagi kamu yang ingin memperdalam ilmu komputer ini, bisa coba mengikuti kelasnya. Tersedia garansi pengembalian dana selama 30 hari jika tidak puas dengan kelas yang kita ambil. Jadi, tidak perlu khawatir untuk mencoba belajar di Udemy.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *